Dikbud Sultra Mulai Gelar MPLS ke Siswa

Reporter : Rahmat R.

KENDARI- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio mengungkapkan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) bakal menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada para siswa mulai Senin 13 Juli 2020).

Meski MPLS telah digelar, Asrun Lio mengatakan dalam tahun ajar 2020-2021 semester satu tidak berarti melaksanakan pembelajaran tatap muka di kelas. Hal ini dikarenakan belum dicabutnya darurat Virus Corona yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Ia menyebut, proses pembelajaran masih tetap dilakukan secara on line. Pun demikian untuk proses MPLS.

“Bagi guru atau bagi sekolah yang sudah mengenal siswa-siswinya melalui registrasi beberapa waktu lalu harus saling kenal mengenal dengan siswa. Pengenalan ini melalui data yang mereka sampaikan,’’ terangnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 13 Juli 2020.

Ia menerangkan hal tersebut tidak hanya dilakukan oleh siswa, namun para guru juga harus meperkenalkan diri kepada para siswa.

“Siapa gurunya dan siapa kepala sekolahnya dan siapa guru pembimbingnya dan hal-hal lain sesuai dengan keunggulan sekolah tersebut. latar belakang tersebut dapat dibuat dalam satu video dan bisa upload lewat YouTube agar siswa dapat mengenal guru dan mengenal lingkungan sekolah dalam video itu,” beber akademisi Universitas Halu Oloe ini.

Kata Asrun Lio, saat ini Dikbud Sultra masih mengikuti arahan pemerintah pusat yakni belum bisa mengumpulkan siswa satu waktu dengan jumlah yang besar. Sampai saat ini sekolah terus menerima sisa dalam jumlah yang banyak dan tidak bisa dihindari.

“Jadi MPLS dalam metode daring ini masih dianggap efektif dan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” imbuhnya. (c).

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total