NEWS

Hari Pertama Berkantor Pasca Libur Idul Fitri, Pj Gubernur Sultra Halal Bihalal

396
×

Hari Pertama Berkantor Pasca Libur Idul Fitri, Pj Gubernur Sultra Halal Bihalal

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto menggelar halal bihalal di hari pertama berkantor pasca libur hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah sekaligus memimpin apel gabungan lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra di halaman kantor Gubernur, Selasa 16 April 2024.

“Alhamdulillah pagi hari ini kita semua pada penghujung Ramadhan diberikan nikmat sehat bahwa setelah kita kembali dari cuti bersama”. Dan informasi agenda pagi hari ini kita apel pagi dilanjutkan dengan Halal Bihalal sehingga konsepnya sebetulnya adalah kita akan makan pagi bersama,” ucap Andap.

Ia mengatakan apel pagi sesuai amanat SKB tiga Menteri meskipun ada Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang terbaru yang mengatur pelaksanaan Work From Office/WHO dan Work From Home/WFH dan pagi ini kita akan mengecek kembali kehadiran sehingga intinya kita melihat dan semoga semuannya sehat dan tidak terjadi sesuatu apa pun.

Dikatakan Halalbihalal dalam jejak digital mencatat yaitu pertama yang perlu saya sampaikan pada tahun 1948 saat itu kondisi sosial politik di Republic ini dalam keadaan penuh dengan fiksi ataupun pertentangan sehingga Presiden pertama kita pada saat itu mengundang para kiai salah satunya dari KH Abdul Wahab Hasbullah merupakan salah satu pendiri Nahdatul Ulama (NU) disampaikan bahwa kita perlu melaksanakan Halalbihalal sehingga pengertian Halalbihalal di KBBI.

Informasi lainnya, Halalbihalal kita bisa melihat catatan sejarah dari Pangeran Mangkunegara 1 atau yang dikenal dengan Pangeran Sambernyawan pada tahun 1726-1795, kedua Sultan Maulana Hasanuddin jabatan Cirebon, ketiga ada saudara kita yang pedagang martabak malabar tahun 1935-1936 di Taman Sriwedari Solo, pada saat itu mempromosikan dagangannya dengan mengatakan “Halal Bin Halal” sehingga untuk pertama kalinya kita melaksanakan Halalbihalal di Pemprov.Sultra

Hari ini, kita melaksanakan Halalbihalal yang sebelumnya saya sudah menungaskan Sekda memasuki bulan suci ramadhan kita melaksanakan tradisi munggahan atau dikenal dengan haroa, kita melaksanakan zakat secara virtual ini juga pertama kali hasilnya Alhamdulilah dan terima kasih ada 9 Juta yang membayar zakat lewat aplikasi

“saya memohon maaf pada siapapun jika ada lisan, tindakan yang menyakiti ataupun mencederai perasaan Bapak/Ibu semua terutama kepada rekan-rekan seluruh ASN Lingkup Pemprov.Sultra termasuk juga Kab/Kota se-Sultra sekali lagi saya mengaturkan permohonan maaf apabila selama 224 hari atau 7 bulan 14 hari saya memimpin saudara-saudari masih banyak kekurangan atau keterbatasan karna kesempurnaan milik Allah SWT,” katanya.

Saat ini, Idul Fitri 1445 H berada dimasa peralihan masa ke pemimpinan nasional termasuk juga persiapan peralihan kepemimpinan daerah selama ini kita akan melakukan pemilihan Gubernur, pemilihan para Bupati dan Walikota setelah kita melaksanakan ibadah shaum di bulan ramadhan, semoga menjadi kesadaran dan keinsyafan kita semua, berbagai di namika yang terjadi sebut saja Covid-19, El-Nino yang berkepanjangan sehingga kita mengalami kekeringan.

Kemarin kita diterpa dengan bencana hidrometeorologi berupa bajir, serta berdasarkan informasi dan perkiraan cuaca BMKG, dua bulan lagi kita akan mengalami musim kemarau semua ini tentu harus kita maknai dengan baik dan pada saat pandemic Covid-19 banyak diantara kita yang wafat kita sampaikan al-fatihah kepada Almarhum dan Almarhuma

Pada kesempatan ini juga Pj.Gubernur Sultra mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah berjuang untuk menolog masyarakat, jika menghadapi berbagai kesulitan dan kita telah menghadapi bersama kesulitan itu dengan segenap dinamikannya, saya salut dan bangga kepada seluruh ASN yang telah berdedikasi dan melaksanakan pengabdian tanpa pamrih. Di sisi lain sebagai evaluasi kita bersama sebagai auto kritik bagi kita semua masih ada sebagian rekan-rekan tidak memiliki rasa tanggungjawab atas amanah yang diberikan kepada diri kita dan satu hal yang sederhana yang perlu saya ingatkan kembali bagaimana susahnya kita mendaftar menjadi ASN ketika kita sudah menjadi ASN mari kita maknai dengan baik.

Pj. Gubernur Sultra juga mengaturkan terima kasih kepada TNI, Polri dan Stakeholder terkait dalam rangka kelancaran, pengamanan, pengaturan hari raya idul fitri 1445 H di Prov.Sultra dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas kontribusinnya, dukungannya sehingga terwujud kondisi kamtibmas yang kondusif.

“Kemudian disisi lain juga, saya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan berbagai Dinas terkait yang ada dilingkungan Pemprov.Sultra mereka mengelar dari H-3 sampai saat ini masih melaksankan pelayanan arus mudik dan selaku Pj. Gubernur saya sampaikan terima kasih dan apresiasi. Serta kedepan kita akan selalu memperbaiki dari waktu ke waktu Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin,” tutupnya.

You cannot copy content of this page