FEATUREDNEWS

Harmin Ramba Memang “Hebat” Membangun Daerah, Inilah Capain Kinerja Pj Bupati Konawe Selama Triwulan Kedua

1628
×

Harmin Ramba Memang “Hebat” Membangun Daerah, Inilah Capain Kinerja Pj Bupati Konawe Selama Triwulan Kedua

Sebarkan artikel ini

KONAWE, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Harmin Ramba berhasil (alias hebat) mbangun daerah dan melakukan sejumlah capaian kinerja selama masa kerjanya sebagai Pj Bupati di triwulan kedua tahun 2023-2024.

Harmin memaparkan upaya Pemda Konawe mengintervensi inflasi yakni optimalisasi pelaksanaan gerakan pasar murah menjadi 2 sampai 4 kali sebulan, penerapan program kebun kelurahan guna menjaga inflasi, serta gerakan menanam cabai dan tomat bagi seluruh PNS, optimalisasi pengadaan dan penyaluran cadangan pangan pemerintah daerah dan optimalisasi kerjasama antar daerah dalam mendukung ketersediaan pasokan bahan pangan yang terdampak inflasi.

Untuk strategi pemda Konawe menurunkan angka stunting yakni pembangunan tangki septik skala individual pedesaan bagi keluarga resiko stunting, program pekarangan pangan lestari untuk balita dan keluarga resiko stunting, pemberian makanan tambahan bahan pangan lokal dan sosialisasi gemar makan ikan, penguatan program posyandu melalui sweeping balita, edukasi gizi dan pencegahan anemia pada remaja, penyerahan bantuan makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita dalam rangka pencegahan stunting, pelatihan PAUD holistik terintegrasi dan penyerahan bantuan permakanan.

Untuk upaya menyehatkan BUMD, Harmin menginstruksikan pihaknya inventarisasi permasalahan BUMD yang tidak sehat, membuka seleksi direksi dan dewan pengawas untuk PDAM dan Perusda, meminta BPKP melakukan audit kinerja dan keuangan.

Pemda Konawe juga nembuka mall pelayanan publik untuk mempermudah pelayanan masyarakat. Upanya mengurangi pengangguran diantaranya mempercepat pembukaan jaringan air yang telah direhabilitasi agar petani dapat mulai mengolah lahan pertanian, mengikutsertakan masyarakat dalam pelatihan BLK di provinsi. Upaya mengentaskan kemiskinan ekstrim yaitu meminimalkan wilayah kantong kemiskinan, mengurangi beban pengeluaran, meningkatkan pendapatan,

Dari aspek kesehatan yang dilakukan yaitu mempertahankan akreditasi BLUD RS Konawe dengan predikat paripurna, menjadi rumah sakit rujukan untuk kasus kanker, jantung, stroke dan uronefrologi.

Sementara untuk kegiatan unggulan diantara berhasil menjaga kondusifitas pemilu, membentuk kampung nelayan modern, pola tanam padi tiga kali setahun, capaian kinerja BUMD award. (TIM MK)

You cannot copy content of this page