SULTRA

HKG ke-52, PKK Sultra Turut Menanam Cabai

311
×

HKG ke-52, PKK Sultra Turut Menanam Cabai

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Fasikin bersama Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Sultra, Wa Ode Munanah Asrun Lio menghadiri kegiatan Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) PKK serentak secara virtual se-indonesia dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-52 Tahun 2024 dengan mengusung tema “Ayo Tanam Cabai” di sarana pembinaan kemandirian Lapas Kelas IIA Kendari, Senin 04 Maret 2024.

Hadir secara virtual, Iriana Joko Widodo, Wury Ma’ruf Amin, Ketua Umum TP PKK Pusat, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Keluarga Besar TP-PKK, para Ketua TP. PKK se-Indonesia dan Pengurus.

Kemudian, Ibu Negara akan memberikan bantuan bibit cabe kepada penerima manfaat didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin, Ketua Umum TP. PKK dan Ibu Bendahara OASE dan dilanjutkan dengan penanaman cabe oleh Ibu Negara bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Selesai menanam, Ibu Negara beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin secara virtual memberikan semangat kepada seluruh tim penggerak PKK di 38 Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia. Dimasing-masing Provinsi dan Kab/Kota dalam peringati HKG PKK ke-52, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng

“Kami hari ini melaksanakan serentak seluruh Indonesia sampai dengan tingkat Kabupaten/Kota dalam rangka memperingati HKG-PKK ke-52 dalam rangka penanaman cabe. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengatasi inflasi dan mensejahterakan masyarakat,” kata Ketua PKK Sultra, Wa Ode Munanah.

Ia menyebut, pihaknya bekerjasama dengan beberapa OPD terkait yaitu Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Kominfo memfasilitasi kegiatan zoom yang dilaksanakan di Kabupaten Bogot, Jawa Barat.

“Untuk hari ini, kita menanam 2.000 bibit dengan luas lahan 1/4 Hektar dan ini untuk Provinsi, untuk Kabupaten/Kota sekitar 8.500 H sehingga totalnya 10.500 Hektar di Sultra dan fokus hari ini gerakan tanam cabai,” katanya.

Ia berharap gerakan tanai cabai dapat bermanfaat untuk masyarakat, dalam menekan inflasi yang terjadi di Sultra khususnya di Indonesia, sehingga kegiatan ini bukan hanya di Sultra tetapi diseluruh Indonesia di tingkat Kabupaten/Kota. Ini dilaksanakan untuk memberikan manfaat masyarakat sehingga lahan-lahan tidur atau lahan-lahan yang ada disekitar kita bisa dimanfaatkan dalam hal ini Penggerak Tim PKK.

“Hasilnya akan dipasarkan, kita akan bekerjasama dengan Kalapas kelas 1A. Mereka yang punya wilayah, kita bantu untuk pelaksanaan dan penanaman. Begitu juga dengan instansi terkait. Pada saat panen untuk masyarakat, tetapi yang paling diutamakan untuk pelaku yang melaksanakan kegiatan pada hari ini,” katanya. (tim mk)

You cannot copy content of this page