Ini Amanat Utama Rektor UHO di Awal Tahun 2023

NEWS250 dibaca

KENDARI, MEDIKENDARI.COM – Dalam upacara Kesadaran Nasional di lingkup Universitas Halu Oleo (UHO), Rektor Muhammad Zamrun sedikitnya menyampaikan empat amanat penting. Pesan ini disampaikannya pada Selasa (17/11/2023) di Lapangan Upacara Rektorat UHO.

Di mana yang pertama, meminta semua Program Studi dan Fakultas di UHO untuk memeriksa kembali masa berlaku akreditasinya. Dengan demikian mereka dapat mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk melakukan reakreditasi atau penyesuaian akreditasi.

Melengkapi amanat yang pertama ini, Rektor meminta para Dekan dan Direktur untuk segera melakukan konversi akreditasi. Untuk unit yang masih terakreditasi B diminta untuk segera dikonversi ke akreditasi ‘Baik Sekali’. Begitu pula yang terakreditasi A, untuk dikonversi ke akreditasi ‘Unggul’. Proses ini diharapkan paling lambat dilaksanakan pada bulan Maret 2023.

“Jika terlaksana seperti waktu yang telah ditentukan tadi, diharapkan tidak ada lagi unit yang terakreditasi B atau A, melainkan sudah berganti menjadi ‘Baik Sekali’ atau ‘Unggul’.
Rektor juga menyampaikan agar para pimpinan fakultas dan program studi memeriksa kembali status jabatan akademik sejumlah tenaga pendidik,” ujarnya.

Mereka yang masih Lektor, diupayakan agar dapat berada di posisi Lektor Kepala. Demikian pula yang saat ini sedang menjabat sebagai Lektor Kepala, diharapkan agar segera dapat melakukan pengusulan untuk menjadi Guru
Besar.

“Pada dasarnya, ini bukan untuk kepentingan pribadi orang per orang saja, namun berimplikasi pula pada peningkatan kualitas universitas ke depan,” kata Rektor.

Sebagai tambahan informasi, data saat ini menunjukkan, sebagian besar dosen PNS di UHO berada dalam jenjang akademik Lektor (sebanyak 45,15%), Lektor Kepala (25,56%), dan Guru Besar (8,32%).

Selain ketiga pesan tadi, Rektor juga meminta para dosen untuk aktif memberikan masukan, saran, dan ide untuk pengembangan UHO. Rektor menyampaikan, Dalam waktu dekat, akan ada Rapat Kerja.

Sehingga usulan program-program di setiap unit sangat dibutuhkan untuk kegiatan di tahun 2023. Universitas sudah memberi banyak hal, karena itu sudah seharusnya kita memberi dedikasi yang lebih untuk kampus ini. Saat ini UHO memiliki 17 fakultas, termasuk Program Pendidikan Vokasi dan Pascasarjana.

Selain itu terdapat 7 lembaga dan biro, serta 8 unit pelaksana teknis (UPT). Kinerja dan sinergi setiap elemen yang ada di dalamnya sangat menentukan performa UHO.

Reporter : Muhammad Ismail