NEWS

Ini Pesan Wagub di Hari Lahir Pancasila 2023

6967
×

Ini Pesan Wagub di Hari Lahir Pancasila 2023

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Wagub Sultra), Lukman Abunawas, memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan Tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” tahun 2023. Upacara tersebut dipimpin oleh Kabid Ideologi Kesbangpol Sultra, La Ode Moh Sayfuddin, di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sultra, (Kamis, 1 Juni 2023)

Yang hadir dalam upacara tersebut, Sekda Sultra,Ketua DPRD Sultra, Forkopimda, Staf Ahli Gubernur Sultra, Asisten Sekda Sultra, Kepala Biro Setda Sultra, Kepala OPD Lingkup Pemprov. Sultra, Para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Sultra dan pejabat terkait.

Upacara diawali dengan penghormatan kebesaran kepada inspektur upacara. Selanjutnya inspektur upacara memimpin peserta upacara untuk mengheningkan cipta.

Kemudian Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Abdurrahman Shaleh, membacakan naska pancasila dan diikuti oleh peserta upacara.

Wagub Sultra selaku inspektur upacara membacakan Pidato Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyampaikan bahwa pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar Negara,ideology,kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum Negara yaitu pancasila sebagai dasar dan ideology Negara yang merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada.

Lanjut, Hari lahir pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi pancasila sebagai dasar Negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,’’ ungkapnya

Sementara itu, bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemic covid-19, hal ini membuktikan kekuatan pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. Ke depan, kita akan mewujudkan Indonesia emas 2045 dan impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bansa-bangsa lain di dunia,menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya,religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia.

Lebih lanjut disampaikan, tahun depan kita akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai.

Disampaikan, bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia (WHO), yaitu 20% untuk itu saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia.

‘’Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan,menegakkan, dan menjaga pancasila serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap serta perilaku patriotic, cinta tanah air, dan menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat,” tutupnya.

Serta dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat Paskibraka tahun 2022 yang diserahkan langsung oleh Wagub Sultra, dan didampingi oleh Ketua DPRD Prov. Sultra,Sekda Sultra dan Kepala Badan Kebangspol Sultra.

Reporter : Rahmat R.

You cannot copy content of this page