KONAWE UTARA

Kantor Pertanahan Konut Turut Serta dalam Peluncuran GSRA, Siap Wujudkan Cita-cita Reformasi Agraria

1560
×

Kantor Pertanahan Konut Turut Serta dalam Peluncuran GSRA, Siap Wujudkan Cita-cita Reformasi Agraria

Sebarkan artikel ini

KONAWE UTARA, Mediakendari.com – Kantor Pertanahan Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) turut serta dalam melaksanakan peluncuran Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional (GSRA).

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di setiap wilayah kerja Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia melalui sambungan video conference pada Senin 22 April 2024.

GSRA tahun ini dipusatkan di dua lokasi, yaitu Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Untuk wilayah kerja Kantor Pertanahan Konut, dilaksanakan di Aula Kantor setempat.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Konut, Erny, S.Pi., M.Si mengatakan, jika tujuan dari GSRA yakni, bersinergi mewujudkan cita-cita reforma agraria dalam upaya mengurangi ketimpangan tanah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mencapai niat itu, pihak Kantah membangun kerjasama dengan Pemerintah daerah Konut dalam mendukung suksenya GSRA demi kesejahteraan masyarakat.

“Melalui kerjasama yang dibangun diharapkan mampu memberi dampak yang positif bagi kehidupan masyarakat secara umum,” ujar Erny.

Menurutnya, Gerakan Sinergi Reforma Agraria hadir untuk menjadi pusat koordinasi dan kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan dalam upaya mewujudkan reforma agraria yang berkelanjutan dan inklusif.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, ada dua agenda penting yang dilakukan. Antara lain, penataan aset dan penataan akses.

“Melalui Reforma Adraria diharapkan, seluruh persoalan terkait sertifikasi kepemilikan lahan dapat dituntaskan. Dan tak ada lagi permasalahan yang timbul soal timpang tindih sertifikasi lahan,” sebutnya.

Kegiatan peluncuran ini juga turut dihadiri oleh pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan dan Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, serta Kepala Desa dan Ketua Kelompok Usaha Masyarakat Desa Kampo Cina, Kecamatan Wawolesea, Kabupaten Konawe Utara.

Reporter : Erwino

You cannot copy content of this page