oleh

Kapolres Bombana: Bhabinkamtibmas Siap Kawal Dana Desa

-BOMBANA, SULTRA-103 dibaca

Reporter : Hasrun

RUMBIA – Kepala Kepolisian Resor Bombana, AKBP Andi Herman menekankan kepada Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang bertugas disejumlah daerah untuk mengawal pelaksanaan pembangunan desa dengan menggunakan Dana Desa (DD).

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan anggaran dalam proses pembangunan di setiap desa. “Sebenarnya dari dua tahun yang lalu, Kementerian Desa ada MoU dengan Polri agar kepolisian turut mengawasi dan mengawal pembangunan di desa,”kata Andi Herman, Selasa (21/1/2020).

Untuk mendukung hal itu, kata Herman, pihaknya memberikan pelatihan terkait regulasi dalam pelaksanan dana desa. “Setiap bulan mereka monitoring dan evaluasi, kita kumpulkan kita berikan arahan soal dana desa. Saya berikan penekanan mereka terlibat di situ,”ujarnya.

Tak hanya itu, Bhabinkamtibmas juga terlibat dalam proses pembangunan di desa dengan memberikan saran agar proses pembangunan dengan menggunakan dana desa tepat sasaran.

“Tujuannya agar segala proses pembagunan di desa berjalan sesuai aturan. Supaya tidak ada lagi yang terlibat hukum dalam mengelola DD,”ungkapnya.

Meski begitu, Herman menyarakan kepada Bhabinkamtibmas untuk menyelesaikan setiap permasalahan di desa dengan cara musyawarah.

“Saya terapkan, jika ada masalah yang masih bisa diselesaikan, selesaikan saja di desa, kecuali masalah yang fatal laporkan,”tegasnya. (b)

Terkini