NEWS

Kasus Penyakit Campak di Sultra Muncul, Wagub: Harus Jaga Kebersihan

603
×

Kasus Penyakit Campak di Sultra Muncul, Wagub: Harus Jaga Kebersihan

Sebarkan artikel ini

SULAWESI TENGGARA – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas mengajak masyarakat mencegah penyakit campak sejak dini.

Kata dia, campak adalah penyakit yang disebabkan virus dan mudah ditularkan melalui batuk dan bersin. Akhir – akhir ini, kasus campak lagi ramai di tengah-tengah masyarakat.

Lukman menambahkan, rawannya juga penyakit campak di Sultra karena akhir-akhir ini cuaca kurang bersahabat.

Penyebab lainnya tambah Lukman adalah soal kebersihan yang kurang diperhatikan oleh masyarakat, apalagi yang tinggal di wilayah pedesaan dan pesisir.

“Baru-baru ini habis hujan panas lagi, setalah itu hujan lagi ini kelemahan bagi anak-anak karena fisik mereka sangat rentan,” jelasnya.

Ia membeberkan, untuk pelayanan imunisasi bisa dilakukan di pos-pos pelayanan imunisasi yang telah ditentukan yaitu di posyandu, Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Puskesmas pembantu, Rumah Sakit.

Selain itu, juga di sekolah yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), SD/sederajat. Berikut adalah salah satu contoh skema pelayanan imunisasi MR di sekolah posyandu.

“Pengaruh kebersihan lingkungan, air yang kurang bersih jadi penyabab munculnya banyak virus. Kita himbau masyarakat harus ikuti arahan pemerintah, jagak kebersihan, kalau ada gejala langsung koordinasi ke dokter serta juga wajib imunisasi campak,” tegas Orang Nomor Dua di Sultra ini.

Reporter : Rahmat R.

You cannot copy content of this page