oleh

Kota Kendari Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan STQH XXVI Tingkat Provinsi Sultra

-ADV-268 dibaca

 

Reporter: La Ato

KENDARI – Kota Kendari menjadi tuan rumah pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) XXVI Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2021, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kendari, Jumat malam, 2 April 2021.

Dalam sambutannya saat pembukaan STQH XXVI, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir memaparkan beberapa rangkaian agenda pelaksanaan STQH, di antaranya adalah cabang-cabang lomba yang diperlombakan dalam kegiatan ini.

Kafilah dari tiap kabupaten kota se-Sultra, papar Sulkarnain, akan bermusabaqah pada empat cabang dan dua puluh golongan lomba, yakni cabang tilawah atau seni baca Al Quran, cabang hafalan Quran, cabang tafsir Al Quran golongan bahasa Arab, dan cabang hafalan hadis.

 

Ketgam : Pembukaan kegiatan STQH XXVI Tingkat Provinsi Sultra. (Foto: La Ato/MEDIAKENDARI.COM)

“Cabang tilawah terdiri atas golongan tilawah dewasa dan anak-anak. Hafalan Al Quran terdiri atas golongan hafalan Al Quran 1 juz dan tilawah, hafalan Al Quran 5 juz dan tilawah, hafalan Al Quran 10 juz, hafalan Al Quran 20 juz, dan hafalan Al Quran 30 juz. Sedangkan untuk cabang hafalan hadis terdiri atas, hafalan 100 hadis dengan sanad dan hafalan 500 hadis tanpa sanad,” papar Sulkarnain.

Peserta lomba kegiatan ini, lanjut Sulkarnain, berasal dari kafilah kabupaten kota sebanyak 263 orang yang telah lulus verifikasi secara online melalui aplikasi E-MTQ.

Ia menyebutkan, kegiatan lomba yang akan berlangsung sampai 5 April mendatang ini dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al Quran.

 

Ketgam: Pelantikan Dewan Hakim dan Panktera STQH XXVI. (Foto: La Ato/MEDIAKENDARI.COM)

Selain itu, juga bertujuan untuk menyeleksi peserta terbaik yang akan mewakili Provinsi Sultra pada STQH tingkat nasional tahun 2021 yang akan diselenggarakan di Provinsi Maluku Utara.

“Walaupun dalam kondisi keterbatasan, baik dari sisi waktu persiapan maupun dari sisi anggaran yang semula belum direncanakan, tapi demi syiar agama serta untuk kepentingan dan kemaslahatan masyarakat Sultra, khususnya Kota Kendari, kami siap dan bertekad kuat untuk menyukseskan apapun yang telah menjadi petunjuk dan kebijakan Provinsi Sultra, terkhusus dalam pembinaan seni baca Quran,” kata Sulkarnain. /B/ADV

Terkini