NEWS

KSK: Hasil Pertanian Konawe Akan Masuk Kuota Ekspor

671
×

KSK: Hasil Pertanian Konawe Akan Masuk Kuota Ekspor

Sebarkan artikel ini

KONAWE – MEDIAKENDARI.COM: Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa meminta pemerintah pusat untuk memasukan hasil pertanian di daerah tersebut sebagai meminta kuota ekspor.

Hal tersebut ditegaskan KSK usai penyerahan bantuan pupuk organik kepada kelompok tani yang berada di Kecamatan Tongauna, Anggatoa, dan Uepai di Kantor Bupati Konawe, Senin (22/10/2022).

Menurutnya, permintaan kuota ekspor pertanian kepada pemerintah pusat merupakan upaya yang akan dilakukannya guna mensejahterakan petani di Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya di Kabupaten KONAWE.

“Kenapa kita minta khusus, supaya kita punya harga gabah stabil. Kalau kita punya kuota khusus, kita punya harga gabah bisa mencapai 4.200 rupiah sampai 4.500 rupiah perkilonya. Itu kan aman untuk petani,” ujarnya.

Bupati Konawe dua periode tersebut, petani di KONAWE juga sudah ada yang melakukan panen tiga kali setahun, namun dengan surplusnya hasil pertanian di KONAWE membuat harga semakin anjlok.

Kery mengungkapkan, upaya Pemkab KONAWE untuk mensejahterakan petaninya akan terus dilakukan. Untuk itu, dirinya berjanji akan berkomunikasi kepada Presiden RI Ir. Joko Widodo.

“Kita akan meminta agar KONAWE secepatnya dapat diberikan kuota ekspor hasil pertanian ke luar negeri. Kenapa kita lakukan ini, supaya petani kita sejahtera,” tutupnya.

You cannot copy content of this page