KAMPUSNEWSPENDIDIKANPROV SULTRA

Mahasiswa Farmasi UHO Teliti Daun Ubi Jalar Ungu, Ini Potensi Manfaatnya

1387
×

Mahasiswa Farmasi UHO Teliti Daun Ubi Jalar Ungu, Ini Potensi Manfaatnya

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Mahasiswa program studi Farmasi di Universitas Halu Oleo (UHO) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tengah mencoba meneliti daun ubi jalar ungu yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada rambut yakni kerontokan.

Mahasiswa Farmasi UHO ingin memecahkan masalah kerontokan rambut yang kerap memengaruhi kepercayaan diri manusia khususnya kaum adam.

Kelompok penelitian ini diketuai oleh Arham Hidayat dan beranggotakan Bayu Aditya, Jubrian Jevi dan Refky Caesar Karangan. Kelompok ini dibimbing oleh Apoteker La Ode Muhammad Fitrawan, M.Sc.

Masalah kebotakan rambut telah menjadi perhatian serius dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Banyak individu, terutama di kalangan pria, mengalami kebotakan rambut yang dapat merusak citra diri mereka. Berbagai produk dan solusi telah ada, namun sebagian besar melibatkan penggunaan bahan kimia yang dapat memiliki efek samping negatif, tutur Arham.

Namun, mahasiswa program studi Farmasi UHO telah melakukan penelitian yang menjanjikan. Mereka mengeksplorasi potensi daun ubi jalar ungu sebagai bahan alami yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan.

Daun ubi jalar ungu memiliki sejumlah nutrisi dan senyawa yang diyakini memiliki manfaat kesehatan rambut. Dalam penelitian mereka, para mahasiswa menggiling daun ubi jalar ungu untuk mendapatkan ekstraknya. Selanjutnya ekstrak ini di fraksinasi dan dibuat dalam bentuk Etosom. Hasil uji laboratorium awal menunjukkan bahwa ekstrak daun ubi jalar ungu mengandung senyawa-senyawa yang dapat merangsang folikel rambut dan mempromosikan pertumbuhan rambut baru.

“Kami sangat bersemangat tentang temuan ini dan berharap dapat mengembangkan produk etosom berbasis ekstrak daun ubi jalar ungu yang dapat membantu individu mengatasi masalah kebotakan rambut dengan cara yang lebih alami dan aman,” kata Arham.

Ia mengaku penelitian tersebut dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) yang nantinya jika lulus akan masuk ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Dengan perhatian terus berkembang terhadap kesehatan rambut dan kecantikan alami, temuan ini memiliki potensi untuk meraih banyak perhatian dan memberikan solusi yang berarti bagi individu yang ingin mengembalikan kepercayaan diri mereka. Semoga penelitian ini dapat menjadi tonggak penting dalam perawatan kecantikan dan kesehatan rambut di masa depan. (RED)

You cannot copy content of this page