NEWS

Maksimalkan Tata Kelola Pemerintahan, Bupati Surunuddin Pacu Camat dan Desa Berinovasi

1143
×

Maksimalkan Tata Kelola Pemerintahan, Bupati Surunuddin Pacu Camat dan Desa Berinovasi

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Pelaksanaan Sistem tata kelola Pemerintahan yang baik di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus dimaksimalkan. Tekad itu dilakukan Bupati Konsel H Surunuddin Dangga untuk memudahkan pelayanan publik lebih efektif dan efisien.

Untuk memacuh hal itu, orang nomor satu di konsel ini, dorong para camat di untuk terus berinovasi dan berkomitmen membina tata kelola pemerintahannya dengan baik sejalan dengan pemerintah daerah.

Tidak sampai disitu saja, tekan Surunuddin. Para camat juga dituntut untuk memaksimalkan pemerintahan ditingkat desa. Hal itu bertujuan agar tata kelola tingkat pemerintahan desa bisa diwujudkan dengan baik tentu harus ada peran baik, semua sektor pemerintahan.

” Jadi fungsi-fungsi pemerintahan mulai dari daerah, kecamatan hingga desa terstruktur dengan baik. Jangan hanya menunggu intervensi dari atas baru bergerak,” tegas Surunuddin saat memimpin rapat Koordinasi Pelaksanaan Program  Kerja Pemerintah Daerah, usai menerima penyerahan sertifikat aset dari kantor BPN Konsel. Bertempat dilantai III Kantor Bupati, yang dihadiri oleh semua Camat lingkup Pemkab Konsel, kemarin Rabu, 8 Februari 2023.

Baca Juga : Pengunjung Perpustakaan Modern Sultra Alami Peningkatan Pengunjung

Mantan ketua DPRD ini mengatakan, tujuan dari tata kelola pemerintahan adalah untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan guna mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas tata kelola baik Pemerintahan kecamatan maupun desa yang mampu meningkatkan daya saing.

” Jangan hanya tau mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan yang ada di pemerintahanya tetapi juga bisa meningkatkan daya saing. Peran camat itu sangat penting bagaimana merangkul desa-desa,” kata dia.

Sebab lanjut dia, jabatan yang di amanahkan itu untuk dijalankan dengan baik. Tidak untuk berdiam diri, apalagi mencoba membangun komitmen bersama desa-desa untuk sebuah gerakan terstruktur yang bertetangan sistem pemerintahan yang ada, sebab hal akan merugikan diri sendiri.

” Tidak ada alasan untuk tidak bekerja dengan baik. Sebab pemda telah menyiapkan sarana dan prasana hingga mobil dinas. Bahkan untuk wilayah-wilayah yang terisolir kita seperti kecamtan laonti kita belikan yang 4×4 doubel cabin,” janji Surunuddin.

Baca Juga : Demi 500 Ribu, Pengedar Sabu di Kendari Malah Terancam 20 Tahun Penjara

Untuk itu Surunuddin, mangaku bakal melakukan evaluasi setiap triwulan kepada para camat dan desa. Olehnya ia instruksikan DPMD untuk menyiapkan reward hadiahnya bagi kecamatan dan desa yang menjalankan sistem pemerintahan dengan baik, mulai dari sektor pelayanan publik hingga kebesihan wilayah.

” Penilaian tata kelola desa yang baik juga akan menjadikan pemerintahan desa dapat menggunakan dana secara efektif. Apabila desa bisa menggunakan dana secara efektif SDA maupun SDM secara optimal dan dapat mendorong investasi maka kesejahteraan masyarakat desa juga akan mengalami peningkatan yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” bebernya.

Namun tambah dia, jika hal yang tidak sesuai ditemukan maka, dirinya akan langsung perintahkan inspektorat untuk dipensus oleh Apip. “Jika dinilai sudah tidak sesuai dengan harapan. maka pembinaan DPMD dan Inspektorat perlu dilakukan agar kita bisa merubah,” pungkasnya.

Penulis:Erlin.

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page