BREAKING NEWSKONAWE

Peduli Kebutuhan Warga, Harmin Ramba Perintahkan Damkar Konawe Salurkan Air Bersih ke Kecamatan Lalonggasumeeto

1017
×

Peduli Kebutuhan Warga, Harmin Ramba Perintahkan Damkar Konawe Salurkan Air Bersih ke Kecamatan Lalonggasumeeto

Sebarkan artikel ini

KONAWE, mediakendari.com – Dampak kekeringan di sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara menjadi pantauan, Pj Bupati Konawe, H. Harmin Ramba.

Kekeringan yang menjadi kebutuhan air bagi warga yang ada di Kecamatan Lalonggasumeeto dan Kecamatan Soropia, Pj Bupati Konawe, Harmi Ramba terus melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi dampak El Nino yang diperkirakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang masih akan terjadi hingga akhir 2023.

Peduli terhadap kebutuahan air bagi warganay, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba memerintahkan, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Bersama BPBD untuk menyalurkan air bersih di dua Kecamatan yang kekurangan air bersih.

Saat di Konfirmasi, Pj Bupati Konawe mengatakan pihaknya sudah memerintahkan Dinas terkait untuk peka dan peduli terhadap warga yang terdampak kekeringan tersebut.

“Terkait kekeringan air yang dialami warga dua kecamatan tersebut sudah ditangani pihak Dinas Satpol PP dan Damkar,” ujar Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba dalam pesan singkatnya.

Sementara itu, Kabid Damkar Konawe, Puguh Sudarjono menyebut pihaknya sudah menyalurkan air bersih kepada warga yang terdampak kemarau (El Nino) di dua kecamatan yakni Kecamatan Soropia dan Kecamatan lalonggasumeeto,  dengan cara bergiliran.dan saat ini kecamatan lalonggasumeeto.

“Ini disalurkan secara bergilir. hari ini di Kecanatan Lalonggasumeeto. Karena Armada juga cuma satu . jadi, kita buat skedul itu umpama hari ini lalonggasumeeto dan besoknya lagi Kecamtan Soropia, ” ucap Puguh Sudarijono. Minggu, 15 Oktober 2023.

Ia mengungkapkan , untuk sumber air bersih yang akan disalurkan diambil dari PDAM. Satu kali trip air bersih yang disalurkan sebanyak 5.500 liter.

“Kalo kami itu hanya mengambil air bersih dari PDAM dan dibawa ke desa-desa, ” ujarnya.

Kabid Damkar juga menyebut, sudah 8 desa yang ada dalam tanggap darurat yang terdampak El Nino.

“Kecamatan Soropia itu desa Bajo, Bajo Indah, Leppe, untuk Kecamatan Lalonggasumeeto, Desa lalobonda, Desa Bumi Indah, desa Lalonggasumeeto, desa Tolawawo, Desa Puuwonua,” urainya. (red)

You cannot copy content of this page