Pemda Konsel akan Berlakukan Tanda Tangan Elektronik

NEWS653 dibaca

KONAWE SELATAN,MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bakal memberlakukan tanda tangan elektronik setelah Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga menandatangani perjanjian kerjasama Kepala Balai Sertifikasi Elektonik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Jonathan Gerhard Tarigan di Kantor BSSN Depok Jawa Barat.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Sandi (Kominfo), Hidayatullah mengatakan tanda tangan elektronik itu akan diterapkan diaplikasi e-office, e-kinerja dan aplikasi layanan administrasi desa yang telah dibangun melalui Diskominfo, BKPSDM dan DPMD Konsel.

“Bila ke-tiga aplikasi ini sudah menerapkan tandatangan elektronik yang tersertifikasi BSSN, maka layanan pemerintahan akan semakin cepat, efisien serta murah. Dari manapun tempatnya selama 24 jam para pengguna aplikasi dapat memanfaatkan tandatangan elektronik. Tentu yang paling bermanfaat tidak dapat lagi ada pemalsuan tandatangan,” ucap Hidayatullah, Jum’at 24 Maret 2023.

Ia mengungkapkan saat ini pihaknya sedang membangun sistem informasi pemerintahan, sistem informasi layanan publik dan sistem informasi desa untuk mengintegrasikan beberapa aplikasi yang masih berjalan sendiri-sendiri. “Termasuk integrasi data, melalui program satu data Konawe Selatan,” ujarnya.

Ia mengakui melalui kebijakan Bupati dalam rangka meningkatkan indeks SPBE, saat ini juga sedang dilaksanakan peningkatan kualitas jaringan intra pemerintah dengan menggandeng Internet Service Provider (ISP) yang diharapkan dapat mewujudkan jaringan yang stabil pada kantor-kantor pemerintahan dan sentra layanan publik seperti khusus kapasitas kecepatan akses layanan akan menggunakan system Cloud yang dapat menjawab lambatnya akses layanan.

Kendati demikian, Hidayatullah tidak menampik masih ada beberapa kendala diantaranya terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan masih adanya beberapa desa yang blackspot jaringan internet. Oleh karena itu Pemda terus melaksanakan kerjasama dengan beberapa pihak mengatasi kendala dimaksud diantara menjalin kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Sumedang sebagai daerah dengan SPBE terbaik dan BSSN dalam melindungi ruang cyber di daerah itu.

Ia menambahkan khusus penyimpanan data saat ini, Pemda Konsel sedang menjajaki dengan kerjasama dengan pihak Amazon Web Services (AWS).

Penulis : Erlin