NEWS

Pemda Konsel Rencanakan Bangun Rumah Adat

359
×

Pemda Konsel Rencanakan Bangun Rumah Adat

Sebarkan artikel ini
Bupati Konsel saat menyampaikan Sambutan (Foto:Mediakendari.com/Erlin)

Reporter:Erlin

ANDOOLO – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) merencanakan membangun rumah adat dari semua suku dan etnik yang ada di Konsel, termasuk diantaranya etnis Tolaki.

Hal itu diungkapkan Bupati Konsel H. Surunuddin dalam sambutan pengukuhan Dewan Pengurus Daerah Lembaga Adat Tolaki (DPD – LAT) Konsel Periode 2019 – 2024 di Auditorium Lt III Kantor Bupati, Kamis 6 Februari 2020.

“Tahun 2021, kita akan bangun rumah adat, konsep gambarnya hasil sayembara, yang diharapkan dapat dijadikan lokasi pagelaran adat Tolaki dan adat masyarakat lainnya, juga sebagai destinasi wisata,” kata Surunuddin.

Menurutnya, pengembangan budaya Tolaki masuk dalam RPJM  Pemda Konsel bersama pengembangan budaya lainnya. Untuk itu, diharapkan LAT bisa melahirkan program kerja.

Diantaranya, melahirkan peraturan penyeragaman proses adat, salah satunya yaitu tata cara penyampaian dan nilai syarat adat perkawinan yang masih berbeda tiap wilayah.

Selain itu, LAT juga diharapkan mennyesuaikan program dengan visi Pemda yakni Konsel Desa Maju Konsel Hebat yang bertujuan untuk menjadikan Konsel Desa Berbudaya.

“Pengembangkan budaya merupakan agenda yang wajib kita sukseskan bersama, jadi mari bangun sinergi demi pelestarian budaya dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua LAT Sultra, Mashur Masie Abunawas (MMA) mengaku menyambut rencana pembangun rumah adat, karena merupakan salah satu program usulan LAT.

Dengan rumah adat teresebut harapkan bisa melestarikan adat dan budaya Tolaki, termasuk penggunaan bahasa yang kini perlahan ditinggalkan dan jarang di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hasil penelitian, kini hanya 37 persen masyarakat berbahasa Tolaki, untuk itu dengan pengukuan LAT dan adanya rumah adat, bisa berkontribusi membangkitkan metolaki dalam kehidupan sehari-hari dimulai dilingkungan keluarga,” kata MMA.

Mantan Walikota Kendari ini juga berharap agar bupati membantu pengembangan LAT dengan menyediakan anggaran, agar pelestarian berkelanjutan serta berkontribusi nyata di bidang sosial kemasyarakatan dan kebudayaan.

Pengukuhan yang dirangkaikan dengan Rapat Kerja I DPD LAT Konsel inijuga dihadiri Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin, Sekda, H. Sjarif Sajang, Kepala Kejari Konsel, Aprilyana Purba, Ketua TP-PKK, Hj. Nurlin Surunuddin.

Selan itu, turut hadir Ketua DWP, Hj. Ariyati Sjarif, Sekjen LAT Provinsi, Bisman Saranani dan sejumlah pimpinan OPD Lingkup Pemda Konsel.

Adapun yang dikukuhkan sebagai Ketua LAT Konsel, yakni Sawal Silondae dan Sekretarisnya, Nasran. Dimana Bupati, Wabup dan Sekda di daulat sebagai Dewan Pembina. /C

You cannot copy content of this page