Putri Bupati Konawe Dipinang Pria Asal Sulsel

Reporter: Muh. Ardiansyah R

KONAWE – Anak Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Istri Pince Sonaru, Devi Thesya Feriska Konggoasa melangsungkan prosesi upacara adat peminangan dengan Andi Muhammad Rio Patiwiri, pria dari Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Upacara adat peminangan digelar di kediaman Devi Thesya Feriska Konggoasa di Kelurahan Pondidaha, Rabu 5 Februari 2020.

Dalam proses peminangan itu dilakukan upacara adat penyuguhan sirih pinang kepada orang tua keluarga pihak wanita, atau disebut Sara Pembowuleakono Tolea Ine Mbuana Mbulaika Pahoro Mbuwukel.

Dalam prosesi pelaksanaan upacara adat ini mentaati tata urutan sesuai yang dianut leluhur suku Tolaki sejak dahulu dan masih terpelihara sampai saat ini.

“Demi adat Kalosara yang diperhadapkan kepada kami, adat yang dihormati, aturan leluhur yang dijunjung tinggi,” ucap Pabitara pihak perempuan dalam bahasa tolaki.

Sekjen Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra, Bisman Saranani mengatakan, pada malam ini kita sudah sama-sama menyaksikan upacara adat Tolaki yaitu peminangan dimana telah diatur dalam sistem perkawinan orang tolaki, baik aturan leluhur baik juga pemerintah daerah setempat.

“Saya hanya menyimpulkan bahwa malam yang berbahagia ini, pinangan Andi telah diterima dengan senang hati dari pihak keluarga kami, ketika pinangan telah diterima melalui upacara adat maka artinya semua aturan adat harus dipatuhi,” ungkap Bisman mewakili pihak wanita.

Pimpinan Lembaga adat Tolaki Sultra, Ketua Lembaga DPP Adat Tolaki, Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe, dan keluarga pihak Laki-laki.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total