BAUBAUNEWS

Pemkot Baubau Mulai Tebang Pohon yang Berpotensi Tumbang

482
×

Pemkot Baubau Mulai Tebang Pohon yang Berpotensi Tumbang

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, Mediakendari.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Baubau bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mulai menebang pohon yang berpotensi tumbang khususnya dipinggir jalan raya.

Penebangan pohon dilakukan sebagai upaya antisipasi memasuki musim penghujan yang diperkirakan mulai Desember mendatang yang dapat membahayakan pengendara.

“Dalam pengamatan di lapangan, ada beberapa lokasi di Kota Baubau seperti di depan RS Bhayangkara Baubau Kecamatan Wolio yang sangat rawan pohon tumbang. Karena itu atas permintaan Polres Baubau maka bekerja sama dengan Dishub dan DLH Kota Baubau, kami melaksanakan penebangan pohon,” ungkap Kepala BPBD Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali, Selasa 07 November 2023.

Muslimin menyebut, penebangan pohon tersebut melibatkan 12 orang dengan dukungan mesin chainsaw tiga buah, mobil PJR lengkap dengan operatornya serta mobil sampah.

Ia mengakui, untuk wilayah Kota Baubau saat ini banyak terdeteksi potensi pohon yang gampang tumbang di pinggir jalan bila ada angin kencang karena dahan serta daun sudah menjulur sampai ke badan jalan.

“Untuk warga yang tinggal di bantaran Sungai, kami mengimbau untuk selalu waspada banjir. Sebab, jika hujan turun cukup deras dalam waktu singkat air dapat meluap,” katanya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page