INDONESIANASIONALNEWSPemerintahanPENDIDIKAN

Pemprov Sultra Bahas Rencana Peresmian RS Jantung Oputa Yi Koo

1225
×

Pemprov Sultra Bahas Rencana Peresmian RS Jantung Oputa Yi Koo

Sebarkan artikel ini
Pemprov Sultra Bahas Rencana Peresmian RS Jantung Oputa Yi Koo

KENDARI, Mediakendari.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) menggelar rapat membahas rencana peresmian rumah sakit (RS) Jantung Opuya Yi Koo yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio di Ruang Rapat Sekda Sultra, Senin 21 Agustus 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur (RS) Jantung Oputa Yi Koo, dr Algazali Amirullah mengatakan pada saat nomenklatur nama jadi Rumah Sakit Bahteramas mengatakan bahwa untuk bergabungnya Rumah Sakit Oputa Yi Koo perlu dilakukan regulasi. Kemudian saat itu harus sesuai dengan pelantikan kepegawaian yang ada di RS berdasarkan Pergub pada saat itu

Ia merasa pihaknya perlu berkomunikasi/konsultasi kembali ke Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan (PKR) Fasyankes menyampaikan Rumah Sakit Jantung tidak dipermasalahkan penamaannya sehingga perlu dibuatkan kajian untuk nomenklatur seperti dimaksud.

“Kalau daerah yang sudah ada Pergubnya boleh dibuatkan telaah dilembaran dan kami lampirkan konsultasi ke Direktur PKR untuk sebagai bahan kami ingin mendapatkan penguatan nomenklatur/nama. Kalau dibuatkan sesuai izin boleh-boleh saja dibuat sesuai dengan Pergub karna kami sudah ada kajian akademik, Pergub juga sudah ada, sehingga kami mengatakan bahwa boleh menyampaikan dari RS Jantung cuma jujur penguatan tidak ada dari Kementerian Kesehatan melalui Direktur PKR,” kata dr Algazali.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Sultra, Usnia menjelaskan hasil rapat memuat beberapa hal, pertama, penamaan RS Jantung Oputa Yi Koo pihaknya telah berdiskusi dengan PTSP dan Biro Hukum bahwa akan menelaah RS Jantung serta akan berkoordinasi setelah ada arahan dari biro hukum. Setelah baru pihaknya akan membuat pengajuan kembali ke PTSP dengan memasukan otak jadi Rumah Sakit Jantung Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo yang tadi disepakati.

“Mudah-mudahan dipercepat. Kedua, timbalisasi (alat kesehatan) dipercepat. Ketiga, persiapan Alkes untuk sementara kalau mau soft launching akan kita pinjam ke Bahteramas jadi arahan tadi agar mereka bersurat ke RSUD Bahteramas untuk meminjam alat tersebut. Keempat, kesiapan ruangan nanti RS Jantung yang menyiapkan. Kelima, kesiapan SDM sudah dijelaskan sama Kepala Badan yaitu rekrutmen kemarin yang 187 orang dan ada juga tambahan nanti untuk ikut P3K kita dikasih dari pusat untuk penambahan P3K nanti kurang lebih yang bisa ikut tes yakni 300,” ungkapnya.

Sebagai informasi, rencana peresmian RS Jantung diusahakan sebelum 2 September 2023. (Adm).

You cannot copy content of this page