AdvertorialPROV SULTRA

Pemprov Sultra Kembali Mengekspor Hasil Perikanan ke Luar Negeri

934
×

Pemprov Sultra Kembali Mengekspor Hasil Perikanan ke Luar Negeri

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mengekspor hasil alam Sultra yaitu komoditas perikanan ke luar negeri, Selasa 20 Februari 2024. Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio.,M.Hum.,Ph.D memberikan sambutan sekaligus melepas secara resmi ekspor komoditi hasil produk perikanan, dengan tujuan negara Filipina dan Amerika Serikat di Pelindo Kendari.

Ia menerangkan, pelepasan ekspor komoditi hasil produk perikanan tersebut, diperkirakan dengan total nilai Rp 17.914.387.500,00 yang merupakan sinergi dari beberapa unit pengolahan ikan yang ada di Kendari. Tentu melalui kegiatan ekspor tersebut, pemerintah tidak pernah berhenti dan akan terus berupaya maksimal dalam menarik investor-investor ke daerah Bumi Anoa.

“Hari ini kita hadir dalam sebuah acara¬† yang penuh makna dan strategis bagi pengembangan sektor perikanan di daerah, yakni melalui kegiatan ekspor komoditas perikanan, dimana memiliki peran penting dalam perekonomian negara-negara yang memiliki sumber daya perikanan melimpah, sebab mampu menjadi sumber pendapatan signifikan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan tentu memberikan pengaruh positif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Asrun Lio mengajak semua pihak untuk patut bersyukur sebab Sultra yang merupakan bagian dari Negara Kesatuan Indonesia, menjadi salah satu negara eksportir perikanan di dunia. Tentu dalam hal ini, kualitas dan keamanan produk perikan adalah kunci untuk bersaing di pasar internasional dalam rangka meningkatkan nilai ekspor.

Dirinya meyakini, dalam konteks hasil produk perikanan keberlanjutan, tentu akan menjadi isu sangat penting. Oleh sebab itu, menjaga keseimbangan ekosistem perairan, menerapkan peraktik penangkapan berkelanjutan, memperhatikan dampak lingkungan, dan aspek- aspek lainnya yang harus dipertimbangkan untuk menjaga keberlanjutan sumber daya perikanan dalam jangka panjang, wajib menjadi perhatian utama semua pihak.

“Melalui kesempatan berbahagia ini, saya ingin menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ekspor ini. Mulai dari nelayan hingga para pelaku usaha, termasuk berbagai pihak terkait lainnya. Atas kerja keras dan kerjasama kita semua, telah mampu membawa industri perikanan Sultra menuju arah lebih baik,” terangnya.

Dia pun berharap, melalui aksi nyata tersebut mampu memberikan dorongan dan semangat, agar hasil produk perikanan di Sultra semakin berkembang, serta memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat Sultra dan Indonesia secara umum.

You cannot copy content of this page