KendariNEWSSULTRA

Pemprov Sultra Perkuat Tugas Linmas Menjelang Hari Pemilihan

947
×

Pemprov Sultra Perkuat Tugas Linmas Menjelang Hari Pemilihan

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat koordinasi (Rakor) indeks ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat (Linmas) pada pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, Selasa 13 Februari 2024.

Rapat itu untuk memperkuat tugas linmas menjelang hari pemilihan esok, Rabu 14 Februari hingga selesai pemungutan suara.

“Ada beberapa pesan yang disampaikan Bapak penjabat (Pj) Gubernur Sultra diarahkan untuk beberapa hal terkait dengan rapat koordinasi satgas desk pemilu yang dilaksankan pada pagi hari ini yang menjadi tanggungjawab kita semua yaitu tentu disarankan dan diarahkan adalah kita mengenali tugas pokok kita sebagai Linmas dan Satgas sehingga dimana kita harus berkoordinasi jika dalam masalah, kepada siapa kita harus berkonsultasi atau berkoordinasi menyampaikan setiap laporan kejadian yang ada ditempat kita bertugas masing-masing,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio.

Asrun Lio menyebut, Pj Gubernur juga berpesan agar Linmas memperhatikan kelengkapan atributnya misalnya surat tugas yang disarankan untuk dibawa ke tempat pemungugan suara (TPS).

Ia mengimbau Linmas yang bertugas juga memperhatikan kondisi cuaca musim saat ini utamanya di wilayah rawan banjir.

“Jika ada TPS yang berpotensi pada curah hujan yang tinggi dan potensi banjir, maka kita cepat memberikan saran atau memindahkan TPS itu jangan sampai terjadi kerusakan suara, oleh karena kondisi alam itu BMKG sudah memberikan laporan atau ramalan cuaca dan itu akurasinya cukup tinggi, kalau kita mengambil data di BMKG. Disemua daerah dan wilayah bisa memastikan dan memberikan saran, kepada penyelenggara pemilu terhadap situasi yang bisa saja terjadi di tempat kita bertugas,” ungkapnya.

Asrun Lio juga mengimbau agar nomor kontak darurat disiapkan di handphone atau alat komunikasinya seperti nomor Polisi, Polsek, Polres, Pemandam, Kesehatan TNI, Bawaslu dan KPU untuk berkoordinasi.

“Kita tidak mungkin bisa melakukan tugas itu sendiri tetapi kita harus memastikan dan melakukan koordinasi dengan yang lainnya, selamat melakukan Rakor tim deks ketertiban umum dan ketetraman serta pelindungan masyarakat kepada pemilu kepala daerah serentak tahun 2024,” katanya.

Sementara itu, Kasat Pol-PP Sultra, Hamim Imbu menambahkan pihaknya memantau kondisi sehari sebelum pemilihan sesuai kewenangan baik dalam regulasi, Undang-Undang (UU) nomor 23 tahun 2014 pasal 255 atau dalam bentuk peraturan perundang-undangan RI.

“Penting menjadi kajian kita bersama tentu potensi masalah setiap Kabupaten/Kota akan berbeda. Akan tetapi menjadi kesepahaman bahwa proses penyelenggaraan pemilu hendaknya dilakukan secara baik. Bahwa tingkat tantangan Kabupaten/Kota hampir besar, kami bersyukur bahwa proses penyelenggaraan yang sampai hari ini memasuki tahapan terakhir penyebaran kertas suara diberbagai Kabupaten/Kota keterlibatan Satuan Linmas adalah menjadi terdepan sesuai dengan Peraturan Mendagri pada surat terakhir pada tanggal 20 Januari 2024,” katanya.

You cannot copy content of this page