BREAKING NEWSPROV SULTRA

Pemprov Sultra Tunggu Rekomendasi KASN Terkait Hasil Job Fit Eselon II

1782
×

Pemprov Sultra Tunggu Rekomendasi KASN Terkait Hasil Job Fit Eselon II

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) tinggal menunggu hasil rekomendasi dari komisi aparatur sipil negara (KASN) terkait hasil job fit atau uji kompetensi pejabat eselen II lingkup Pemprov Sultra.

“Job fit sudah kita laksanakan dan hasilnya sekarang sudah di bapak Pj Gubernur. Semua rekomendasi hasil uji kompetensi sudah ditangan beliau. Tahap selanjutnya kita kirim ke KASN dan mereka yang akan mempelajari hasil uji kompetensi itu termasuk bukti-bukti pelaksanaan dan laporannya,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sultra, Asrun Lio Senin, 22 April 2024.

Asrun menjelaskan setelah diserahkan hasil job fit itu KASN akan mengeluarkan persetujuan kemudian dibawa ke BKN untuk diberikan pertimbangan teknis bila ada yang pejabat eselon II yang harus dirotasi.

“Kalau tidak, berarti sampai rekomendasi KASN saja. Mengapa penting rekomendasi KASN karena ada beberapa kepala dinas atau pejabat eselon II itu prosesnya tidak sesuai mekanisme. Jadi rekomendasi KASN adalah melakukan uji kompetensi agar memenuhi syarat-syarat penempatan mereka itu sebagai pejabat,” urainya.

Ia menyebut, total 49 pejabat eselon II yang telah mengikuti job fit dengan dua orang diantaranya itu pemberhentiannya tidak sesuai prosedur. Olehnya itu, KASN mengeluarkan rekomendasi agar keduanya dikembalikan pada jabatan yang setara.

Asrun menambahkan sesuai instruksi Kemendagri Pj Kepala Daerah tidak boleh melakukan pelantikan terkecuali memperoleh izin Mendagri.

“Poin terakhir itu bisa mutasi kecuali mendapat izin dari Kemendagri. Bisa pelantikan Pj kalau sudah ada izin,” ujarnya.

You cannot copy content of this page