NEWS

Penerbangan Garuda Indonesia Dari dan Menuju Kendari Mulai Diserbu Pemudik

1951
×

Penerbangan Garuda Indonesia Dari dan Menuju Kendari Mulai Diserbu Pemudik

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Peningkatan arus penumpang yang melakukan mudik atau pulang kampung untuk berlebaran Idul Fitri 1444 Hijriah bersama keluarga mulai terlihat, khususnya pengguna moda transportasi udara.

Data Garuda Indonesia Kantor Cabang Kendari menyebut, peningkatan arus mudik mulai terlihat sejak dua pekan terakhir yang ditandai dengan mulai penuhnya isian kursi penumpang penerbangan Garuda Indonesia rute dari dan menuju Kendari.

General Manager Garuda Indonesia Cabang Kendari, Syaiful Bahri memperkirakan, kenaikan jumlah isian kursi tersebut salah satunya dipengaruhi isu vaksin booster yang dikabarkan akan menjadi syarat perjalanan mudik Lebaran 2023.

“Ini kemungkinan apakah mereka mudik duluan, atau karena isu katanya vaksin booster kedua akan menjadi syarat perjalanan mudik lebaran, tapikan ini belum ketahuan pastinya, tapi untuk isian kursi sampai tanggal 31 besok sudah penuh penerbangan kita,” ungkap Syaiful Bahri, Rabu 30 Maret 2023.

Menurutnya, kondisi tersebut tidak hanya terjadi pada rute penerbangan dari Kendari menuju Jakarta via Makkasar, tapi juga pada kondisi sebalinya di rute menuju Kendari dari Jakarta via Makkasar yang juga penuh.

Untuk melayani penumpang di momen mudik lebaran idul fitri 114 H ini, Garuda Indonesia sendiri baru membuka satu penerbangan per hari untuk rute Kendari – Jakarta atau sebaliknya, dengan armadanya GA604/605, dan berangkat pukul 10.15 Wita. .

Dirinya juga mengaku tidak menampik adanya prediksi kenaikan jumlah isian kursi atau kenaikan jumlah penumpang dari dan menuju ke Kendari, pada momen mudik lebaran tahun ini, karena syarat perjalanan semakin longgar.

Hal itu tentu berbeda dengan kondisi di momen serupa atau pada momen mudik lebaran tahun 2022 dan 2021 lalu, yang masih diperketat dengan adanya syarat protokol pencegahan penyebaran pandemic covid-19.

“Lebaran tahun ini Insya Allah, kami memang memperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang, kan untuk persyaratan mudik itu sudah tidak terlalu ketat lagi untuk perjalanan mudik,” jelas Syaiful

Saiful juga menyebut, dengan melihat adanya trend kenaikan yang cukup signifikan sejak dua minggu belakangan, dirinya memprediksikan pekan ini hingga pekan ketiga April 2023 akan menjadi puncak arus mudik.

Dari data pembelian tiket pesawat untuk periode 1 – 6 April 2023, jumlah tiket yang dipesan telah mencapai lebih dari setengah jumlah isian kursi pesawat Garuda Indonesia, untuk rute dari Kendari tujuan Makassar atau Jakarta.

“Jadi setengahnya untuk total jumlah penumpang 150 seat (kursi) itu sekitar 70-an tiket sudah terbeli, jadi kita prediksikan puncaknya (arus mudik-red) di tanggal 9 April ke ataslah, kita yakin jumlah penumpang akan bertambah,” ujar Saiful.

Dirinya juga menjelaskan, operasional penerbangan pesawat Garuda Indonesia sendiri dipastikan masih berjalan hingga H-1 masih ada layanan, dan bahkan untuk Citilink masih akan tetap beroperasi di hari H lebaran.

Sementara untuk penerbangan pesawat Garuda Indonesia biasanya akan libur di hari H idul fitri dan akan kembali beroperasi keesokan harinya untuk melayani penumpang yang mudik sehari setelah lebaran.

“Kita masih liat kedepanya kondisi penumpang seperti apa, kita mungkin di tanggal 23 pas hari H lebaran tidak beroperasi, tapi kalua Citilink kemungkinan masih akan tetap beroperasi,” ujarnya.

Saiful mengajak warga Kendari yang ingin merasakan berlebaran dengan sensasi berbeda, bisa mencoba berlebaran di Jakarta, yang biasanya cukup lengang di momen lebaran karena warganya sedang mudik.

Momen lengangnya Jakarta, cukup menarik untuk dijadikan momentum berjalan-jalan menikmati sejumlah objek wisata, tanpa harus khawatir kemacetan atau kepadatan lalulintas yang kerap terjadi di hari biasanya.

Bagi warga yang berminat untuk memanfaatkan momentum ini untuk berlebaran di Jakarta, kata Saiful, pihaknya akan memberikan harga promo serta promo layanan menarik lainnya untuk calon penumpang.

“Jadi orang-orang Kendari merasakan bagaimana sensasi berlebaran di Jakarta yang sunyi senyap, barangkali dengan kedatangan warga dari Kendari atau daerah lain bisa meramaikan Jakarta,” ujarnya.

Saiful juga menyebut, sebagai penerbangan dengan rating atau peringkat bintang lima dari Skytrax dirinya memastikan setiap penumpang yang menggunakan maskapai Garuda Indonesia akan mendapatkan pelayanan terbaik.

“Keselamatan dan kenyamanan selalu menjadi prioritas untuk penumpang yang terbang Bersama Garuda Indonesi jadi jangan ragu naik garuda,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page