DaerahKONAWE UTARANEWS

Pengguna Telkomsel di Konut Keluhkan Sulitnya Akses Internet

358
×

Pengguna Telkomsel di Konut Keluhkan Sulitnya Akses Internet

Sebarkan artikel ini

Reporter: Mumun / Editor: La Ode Adnan Irham

WANGGUDU – Akses internet di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami gangguan. Kondisi yang sudah terjadi beberapa hari terakhir itu dikeluhkan pengguna internet yang mengaku sulit mengakses media sosial.

Fatri, salah satu pengguna gawai mengatakan, untuk mengakses internet menggunakan jaringan operator seluler Telkomsel cukup sulit.

“Buka medsos saja sulit apalagi mau akses internet. Kita harap ini segera diatasi,” harapnya, Minggu 8 Maret 2020.

Sementara itu, Kepala Bidang Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Konut, Ilham mengatakan, sulitnya mengakses internet menggunakan jaringan Telkomsel karena adanya gangguan pada Bandwidth (luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi).

“Ada salah satu pengantar menara yang di seputaran Batu Gong bagian Kendari, sedikit yang mengalir bandwidth ke Konut. Biasanya kendala terjadi seperti itu,” ujarnya.

Menurut Ilham, bandwidth tersebut sangat menentukan kekuatan sinyal di Bumi Oheo. Karena merupakan kuota internet yang saat ini sedikit berkurang di menara pelemparan.

“Kalau jaringan kurang bagus, bandwidthnya itu yang berkurang. Memang nda bisa kita andalkan ini telkomsel,” katanya.

Padahal menurut Ilham pihaknya mengaku telah layangkan surat permintaan penambahan bandwidth ke Telkomsel, termasuk perbaikan radio perantara yang memancarkan bandwidth ke Konut. Namun belum direspon.

Untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat pengguna internet. Pihaknya sementara menjajaki perusahaan telekomunikasi lainnya, yakni XL.

“Siapa tau mereka (XL) bisa bantu,” katanya.

You cannot copy content of this page