Daerah

Pengurusan Administrasi Kependudukan di Mubar Malah Meningkat di Tengah Wabah Corona

522
×

Pengurusan Administrasi Kependudukan di Mubar Malah Meningkat di Tengah Wabah Corona

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Dinas Dukcapil, Bahar Usgan saat ditemui di kantor Dukcapil Mubar, Rabu, 29 Maret 2020.(Foto: Jul Awal/ Mediakendari.com).

Reporter: Jul Awal

LAWORO – Ditengah wabah corona, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muna Barat (Mubar) tetap melakukan pelayanan administrasi kependudukan.

Apalagi saat ini dengan adanya bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) warga yang akan mendapatkan itu, diharuskan memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El) dan kartu keluarga (KK).

Kepala Dinas Dukcapil Mubar, Burhanudin melalui Sekretaris Dikdukcapil Mubar, Bahar Usgan saat ditemui di kantornya mengatakan pengurusan administrasi saat ini mengalami peningkatan.

Dikatakannya, dalam melakukan pelayanan, pihaknya mengedepankan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Bagi masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan, untuk mencegah corona kami sediakan alat cuci tangan dan sabun anti septik di setiap loket,” ungkap Bahar Usgan kepada Mediakendari.com, Rabu 29 April 2020.

Selain itu, Bahar menambahkan dalam mencegah corona, di kantornya juga dilakukan penyemprotan disinfektan.

Dikatakannya, dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat, pihaknya melakukan sistem antri dengan menjaga jarak.

“Kalau yang perekeman diberlakukan sistem antri. Artinya warga yang akan merekam dipanggil satu-satu, tidak berkerumun seperti sebelum ada corona. Kemudian untuk mengantisipasi itu, semua pegawai dan Kabid tidak ada yang di dalam ruangan, semua di luar. Untuk menjemput masyarakat dalam hal pelayanan,” tambahnya.

Selanjutnya, kata Bahar, jika KTP atau administrasi kependudukan lainnya yang tersimpan lama di kantor akan dikirim ke desa masing-masing melalui kantor kecamatan setempat untuk disalurkan ke yang bersangkutan.

Terakhir ia mengimbau, agar setiap warga yang akan mengurus administrasi kependudukan agar mengikuti himbauan pemerintah saat ini.

“Diharapkan agar masyarakat agar selalu mengikuti petunjuk kesehatan yang dikeluarkan pemerintah. Yakni jaga jarak, hindari kerumunan, cuci tangan sesering mungkin, dan selalu menggunakan masker,” tutupnya. (B)

You cannot copy content of this page