oleh

Percepat Investasi di Konsel, Pemprov Sultra Kunjungi PT Hyundai Group di Korsel

KENDARI – PT Hyunda Group Korea Selatan (Korsel) sepakat akan melakukan investasi di Sulawesi Tenggara (Sultra) kepastian ini diambil, setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra melakukan kunjungan ke PT Hyunda Grop yang berada di Korsel beberapa waktu lalu.

Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Setda Sultra, Harmin Ramba menyebutkan, program yang disepakati adalah terkait kerjasama energi terbarukan. Menurutnya, Investasi tersebut dalam bentuk pendirian pabrik kayu pelet dari bahan baku kayu kaliandra. Bahkan, PT Hyundai Group rencanakan akan melakukan investasi 150 juta US Dollar untuk Sultra.

“Rencana Investasi PT Hyunda Group akan direaliasikan di beberapa Kecamatan di Konawe Selatan (Konsel), diantaranya KecamatanLandono, Moramo Utara dan Moramo,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (30/10/2018).

Dikatakan Harmin, selama berkunjung di Kantor PT Hyunda Group di Korea Selatan ada beberapa poin yang dibahas, diantaranya kesepakatan-kesepakan antara pihak investor dan Pemprov Sultra. “Sebagai bentuk kesepakatan, nantinya akan dituangkan dalam perjanjian kerjasama selanjutnya,” jelasnya.

Harmin memaparkan, Investasi di Konsel itu nantinya akan melibatkan masyarakat lokal, misalnya masyarakat Konsel akan diberi biaya untuk untuk penanaman kayu kaliandra tersebut. “Jika kesepakatan ini sudah terjalin maka masyarakat akan didanai membudidayakan kayu kaliandra hingga panen. Kemudian hasilnya akan dibeli oleh perusahaa itu,” terangnya.

Selain itu, akan ada pemanfaatan tenaga kerja di pabrik dengan presentase 70 persen lokal dan 30 persen tenaga tekhnis khusus dari Korea Selatan. Selain itu, Kesiapan Pemprov Sultra adalah melakukan pemetaan kawasan investasi. “Komitmenya adalah nilai investasi yang besar selama 10 tahun dulu selebihnya akan dievaluasi. Insya Allah akan dimulai 2019 mulai berjalan,” tandasnya.(b)

Reporter : Rahmat R


Terkini