MUNAPOLITIKSULTRA

Perdana, KPUD Mubar Sosialisasi Basis Pemilih Muda

536
×

Perdana, KPUD Mubar Sosialisasi Basis Pemilih Muda

Sebarkan artikel ini
KPUD Mubar bersama relawan demokrasi saat menggelar sosialisasi pada basis pemilih pemuda di Desa Wulanga Jaya. (Foto: Ist)

Reporter: Erwino

Editor : Def

LAWORO – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama relawan demokrasi menggelar sosialisasi Pemilu 2019 pada basis pemilih muda di Desa Wulanga Jaya dan Sido Makmur, Sabtu (16/2/2019). Dalam kegiatan itu, turut dihadiri para pemili muda, Pemerintah Desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan.

Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPUD Mubar, Laode Nuzul Ansi menerangkan, sosialisasi pada basis pemilih muda ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan. Dalam konteks pemilu, para pemilih muda yang dimaksud yakni warga yang telah memiliki hak pilih dan berusia antara 22 hingga 30 tahun.

Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam Undang Undang nomor 40 Tahun 2009.

Pada pelaksanaannya, para pemili muda itu diperkenalkan tentang tahapan penyelenggaraan pemilu, mulai dari tata cara pindah memilih, bentuk dan warna kertas suara, cara pencoblosan serta syarat suara sah dan tidak sah.

“Ini sosialisasi perdana bersama basis pemilih muda dan mereka sangat mendukung penuh dimana basis pemilih muda dijadikan basis sosialisasi dan pendidikan pemilih karena jumlah mereka dalam struktur pemilih cukup signifikan,” kata Nuzul.

Mantan protokoler Pemkab Mubar ini juga mengatakan, jika Pemdes setempat sangat mengapresiasi atas kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih yang mereka gelar itu.

“Pemdes melalui Kades Wulanga Jaya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dengan begitu masyarakat dapat mengetahui tahapan penyelenggaraan Pemili seutuhnya,” terangnya. (B)

You cannot copy content of this page