Kendari

Peringatan Dini Cuaca di Sultra Pada Malam Tahun Baru

662
×

Peringatan Dini Cuaca di Sultra Pada Malam Tahun Baru

Sebarkan artikel ini
Megapolitan - Okezone.com (Sumber Google)

Reporter : Haris Anda Dinata

KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara (Sultra) Masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kecang di sebagian wilayah 31 Desember 2020 Pukul 15:40 WITA

Melalui siaran pers yang diterima MEDIAKENDARI.com, Kamis 31 Desember 2020, Kepala Stasiun Meteorologi dan Maritim Klas II Kendari, Ramlan menuturkan cuaca ekstrem tersebut dikarenakan adanya sirkulasi siklonik (pusaran angin pembentuk awan) terpantau di wilayah Laut Banda.

“Sirkulasi siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dimana kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik di wilayah Sultra,” ujarnya.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam sepekan ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Sultra.

Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia dalam periode sepekan ke depan.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Sultra memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang Berpotensi terjadi di beberapa wilayah Daratan Dan Kepulauan

Khususnya di daerah daratan diantaranya Kota Kendari : Kendari Barat, Mandonga, Puuwatu, Wua-Wua, Kadia, Kambu, Baruga, Poasia, Abeli, Kendari, Kab. Konawe : Lalonggasumeeto, Soropia, Bondoala, Pondidaha, Besulutu, Sampara, Amonggedo, Latoma.

Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) : Moramo Utara, Moramo, Laonti, Kolono, Lainea, Landono, Ranomeeto Barat, Andoolo, Buke, Lalembuu, Basala, Kab. Konawe Utara: Molawe, Lasolo, Asera, Oheo, Landawe, Wiwirano. Kabupaten Buton Utara (Butur) : Kulisusu Utara, Kulisusu Barat, Kulisusu dan sekitarnya.

Dapat meluas ke beberapa wilayah diantaranya yaitu Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) : Ueesi, Uluiwoi. Kabupaten Konawe : Asinua, Abuki, Tongauna, Kapoiala, Anggaberi, Meluhu, Wawotobi, Wonggeduku, Kabupaten Konawe Utara (Konut): Lasolo Kepulauan, Andowia, Langgikima, Motui, Sawa, Lembo, Wawolesea, Kabupaten Konsel : Ranomeeto, Konda, Wolasi, Baito, Mowila, Angata, Benua, Kabupaten Butur : Wakorumba Utara, Bonegunu. Kabupaten Muna : Maligano dan sekitarnya.

Ramlan mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem yang bisa menyebabkan hujan lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang serta Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 19:10 WITA

“Dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” bebernya. (c).

You cannot copy content of this page