oleh

Peringati HUT RI, Ratusan Kendaraan di Kendari Stop Tiga Menit di Jalan Raya

Reporter: Slamet Ariyadi I Editor: Kang Upi

KENDARI – Ratusan pengendara di Kota Kendari ikut memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-75 dengan mengentikan kendaraanya selama tiga menit tepat pukul 11.17 Wita.

Aksi tersebut dilaksanakan sesuai Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara RI Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020.

Dalam edaran tersebut dijelaskan, TNI dan Polri diminta untuk membunyikan sirine atau suara penanda lainnya sebelum lagu Indonesia Raya dikumandangkan, sebagai penanda kendaraan mulai berhenti.

Untuk di Kota Kendari, salah satu titik penghentian kendaraan yakni di depan pusat berbelanjaan Mall Mandonga di Jalan Abdullah Silondae, Kota Kendari hingga ke depan Markorem 143 HO.

Pelaksanaan aksi ini sendiri mendapatkan pengawalan ketat dari aparat Kepolisian dari Polsek Mandonga, yang membunyikan sirine dan memutar lagu Indonesia Raya dari pengeras suara di mobil patroli.

Aksi ini sendiri direspon positif warga sekitar, baik pengendara maupun warga pejalan kaki yang hendak berbelanja di kawasan tersebut yang ikut berdiri tegak selama lagu Indonesia Raya dinyanyikan.

Salah seorang warga yang ditemui, Abdiruslan mengaku senang dan terharu bisa mengikuti momen yang menurutnya tidak pernah dilakukan di tahun sebelumnya itu.

“Saya terharu dengan momen ini, saya berdiri tegak sebagai bentuk kecintaan saya terhadap tanah air dan bukti kepedulian saya terhadap para pahlawan yang telah gugur dalam memerdekakan negara ini,” kata Abdiruslan.

Berdasarkan pantauan MEDIAKENDARI.com di lokasi tersebut, tidak kurang dari ratusan kendaraan memenuhi jalan raya di depan Mall Mandonga memanjang hingga depan Makorem 143/HO.

Terkini