Permudah Transaksi Pembelian Solar Subsidi, Melalui QR Code Dapat Sambutan Positif di Kendari

NEWS353 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – PT Pertamina (Persero) bakal melakukan penggunaan kode QR atau QR code subsidi tepat dari aplikasi MyPertamina untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar subsidi di kota Kendari.

Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, menyambut baik hal ini sebagai sebuah langkah mengerucutkan konsumsi solar subsidi bagi kepada konsumen yang berhak.

“Saya setuju dengan itu (pembelian solar menggunakan QR Code) sebagai sebuah upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Dalam hal ini kami akan menyosialisasikan penggunaaan QR Code bisa semakin masif di masyarakat,” jelasnya dalam keterangan rilis persnya (Selasa, 17/1/2023).

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menjelaskan sedikitnya 71 kabupaten/kota se-Indonesia telah memberlakukan pemakaian QR Code.

Terkait dengan kebijakan ini, ia mengungkapkan tidak semua kabupaten/kota langsung menerapkannya. Ia menuturkan hal itu tergantung pemerintah daerah (pemda) masing-masing.

“Pertamina hanya menyiapkan infrastrukturnya saja, sedangkan kapan diterapkan itu tergantung pemda karena mereka yang mempunyai kebijakan/produk hukum,” ucapnya.

Fahrougi menjelaskan, untuk memperoleh QR Code terlebih dahulu harus dilakukan pendaftaran melalui laman subsiditepat.mypertamina.id. Pendaftaran subsidi tepat ini akan mengolah data pengguna dari aspek jenis kendaraan, data kependudukan, serta peruntukakan konsumsi BBM, baik untuk pribadi atau komersial.

Data yang tekonfirmasi dan dinyatakan berhak untuk memperoleh solar subsidi, menurutnya dapat mengunduh barcode khusus (bisa dicetak atau disimpan dalam format digital) untuk ditunjukkan kepada operator SPBU saat melakukan transaksi pembelian solar.

“Dengan implementasi transaksi menggunakan QR Code ini, maka penyaluran bisa lebih tepat sasaran dan tepat volume. Pertamina juga lebih mudah dalam mengontrol,” pungkasnya.

Reporter: Sardin.D