oleh

Pers dan Demokrasi, Refleksi Hari Pers Nasional

-Infografis-447 dibaca
Pers dan Demokrasi

Desain : Rifaldhy La Nene

Dalam sebuah negara demokrasi, lembaga sosial kontrol memberi pengaruh besar dalam jalannya pemerintahan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidak terkecuali di Indonesia, dimana peranan berbagai lembaga dapat diamati secara jelas dari tahun ke tahun. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi berkembang semakin pesat. Pers menjadi salah satu lembaga yang jangkauannya jauh lebih luas dari sebelumnya.

Dalam kehidupan demokrasi, pers berperan sebagai corong pemberi informasi kepada masyarakat. Hal ini merupakan salah satu hak yang perlu dipenuhi dalam demokrasi. Selain itu, pers juga berperan sebagai penyambung lidah rakyat dalam menyampaikan aspirasinya kepada para penguasa. Sebaliknya, Pers juga menjadi jembatan informasi pemerintah kepada warga negara.

Peran penting pers lainnya, pers merupakan pilar keempat demokrasi setelah legislatif, eksekutif dan yudikatif yang memegan kontrol terhadap kinerja masyarakat. Pers menjadi indera masyarakat dalam fungsi pengawasan baik kinerja maupun penegakan hukum demi terpenuhinya supremasi hukum dan penegakan Hak Asasi Manusia (HAM).

Terkini