NEWS

Pesona Wisata di Bendungan Ladongi, Ada Perahu Naga, Spot Foto Senja dan Taman Bunga

1625
×

Pesona Wisata di Bendungan Ladongi, Ada Perahu Naga, Spot Foto Senja dan Taman Bunga

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Sejak diresmikan Presiden Joko Widodo pada 28 Desember 2021 lalu, Bendungan Ladongi telah menjadi destinasi wisata baru di Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sejak dimulai pembangunannya, bendungan dengan luas dengan luas lahan 222 hektare dan menampung 45,9 juta meter kubik air memang telah didesain tidak hanya berfungsi sebagai sarana irigasi dan listrik tapi juga wisata.

Bahkan, Presiden Jokowi telah menjajal langsung untuk berswisata di Bendungan Ladongi, dengan berkeliling bendungan menaiki perahu naga bersama sejumlah mentri, saat kedatangannya untuk meresmikan bendungan tersebut.

“Tadi saya mencoba memakai perahu, mendayung, karena memang arahnya waduk ini juga bisa dipakai sebagai tempat wisata sehingga ini menjadi tanggung jawab kabupaten maupun provinsi untuk nanti pengembangan selanjutnya,” kata Presiden Joko Widodo usai peresmian.

Beberapa spot wisata menarik di kawasan Bendungan Ladongi diantaranya, taman yang ditumbuhi bunga warna-warni dan cocok untik berswafoto, atau sekedar duduk-duduk lesehan menikmati harumnya bunga.

Selain itu, ada juga spot keren berupa jembatan menuju menara pantau, jembatan ini berada di tengah-tengah kawasan Bendungan Ladongi dengan panjang sekitar 50 meter dan tinggi sekitar 30 meter.

Jika berdiri di jembatan atau di menara pantau berbahan beton ini, pengunjung akan bisa melihat keseluruhan hamparan air yang tertampung di Bendungan Ladongi, serta taman warna warni yang berada di bawahnya.

Jembatan dan menara pantau ini juga cocok untuk mereka yang menyukai suasana senja atau matahari pagi, karena metahari yang menyembul di puncak gunung di sisi timur bendungan menjadi pemandangan indah.

Demikian halnya, pada sore hari dimana matahari mulai turun perlahan seakan ditelah barisan pegunungan dan menyisakan rona merah di langit, yang cocok diabadikan sebagai latar berswafoto.

Berbagai tangga ulir naik turun yang membelah perbukitan dari area parkir menuju kawasan bendungan juga menjadi spot yang banyak diminati masyarakat, khususnya untuk berswafoto ria berlatarkan kerlap kerlip air bendungan.

Untuk yang ingin sekedar menikmati suasana indah, khususnya di sore hari bisa duduk-duduk di pedestrian yang dibangun mengelilingi lapangan parkir, serta mengelilingi taman di sisi bendungan.

Pedestrian ini dibanun dengan cukup lebar sehingga bisa dijadikan tempat untuk sekedar duduk-duduk bersama keluarga, atau menjadi tempat bermain bagi anak sembari menikmati suasana bendungan di pagi atau sore hari. (ADV)

You cannot copy content of this page