BREAKING NEWSINDONESIAKONAWE

Pj Bupati Harmin Ramba Berencana Tinjau Bendungan Ameroro Sebelum diresmikan Presiden Jokowi

916
Foto bersama Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba dan Mendagri Tito Karnavian

KONAWE, mediakendari.com – Penjabat Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara, Harmin Ramba, dijadwalkan melakukan peninjauan Bendungan Ameroro, di desa Tamesandi, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara pada esok hari Jum’at (9/5/2024).

Peninjauan lokasi ini dilakukan jelang kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 13 – 14 Mei 2024 di Sulawesi Tenggara.

“Besok bada Jum’at, kita akan lakukan peninjauan lokasi Bendungan,” kata Harmin Ramba.

Disebutkan kedatangan Presiden di Kabupaten Konawe guna meresmikan Bendungan Ameroro dan Penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Kabupaten Konawe.

Untuk diketahui sebelumnya, Bendungan Ameroro mulai dikerjakan pada Desember 2020 dengan biaya APBN sebesar Rp1,6 triliun. Proyek yang digarap melalui kerja sama operasi (KSO) dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk., (Adhi Karya) (KSO HK-Adhi).

Perinciannya yakni porsi Hutama Karya sebesar 65% dan Adhi 35%, dengan total luas garapan lahan mencapai 578,78 hektare (Ha) dengan kapasitas tampung 98 juta m3 dan luas genangan 380 Ha.

Kehadiran Bendungan Ameroro yang berlokasi di Kecamatan Uepai, Sulawesi Tenggara ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar di antaranya berpotensi menambah layanan daerah irigasi seluas 3.363 Ha yang mana sebelumnya hanya sebesar 1.903 Ha.

Di samping itu, bendungan ini juga berperan sebagai pemenuhan air baku sebesar 511 liter per detik, berpotensi dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTM) sebesar 1.3 megawatt, sebagai pengendali banjir di Kabupaten Konawe sebesar 443 m3/detik dan potensi menjadi objek wisata bagi masyarakat sekitar. (TiM MK)

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version