KONAWENEWS

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba Serahkan Bantuan Alat Pertanian Alsintan Kepada Kelompok Tani Secara Simbolis

915
×

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba Serahkan Bantuan Alat Pertanian Alsintan Kepada Kelompok Tani Secara Simbolis

Sebarkan artikel ini

KONAWE, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Harmin Ramba menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) secara simbolis kepada kelompok tani.

Harmin berpesan agar petani memanfaatkan alsintan tersebut secara optimal sehingga sektor pertanian di Konawe tidak hanya maju namun bisa mandiri dan modern.

“Untuk itu saya sampaikan kepada kita semua bahwa bantuan yang diberikan hari ini adalah murni dari hasil pertemuan saya dengan Pak menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Untuk lebih mengetahui prosesnya silahkan bertanya kepada Pak letkol Aswar selaku perwira penghubung kabupaten Konawe karena lewat beliau lah kami bisa bertemu langsung dengan Pak menteri,” ungkap Harmin Ramba, Senin 19 Februari 2024.

Ia menyebut, Alsintan yang diberikan berjumlah 24 Hand traktor, 5 jonder, 5 cobain. Bantuan itu diserahkan secara transparan dan dipergunakan untuk kepentingan masyarakat. Pihaknya juga masih menunggu Alsintan tambahan.

Ia berharap adanya Alsintan dapat membantu mengatasi permasalahan kelangkaan tenaga kerja dan menarik tenaga kerja muda untuk terjun di bidang pertanian.

“Disamping itu alat mesin pertanian dapat membantu percepatan pengolahan tanah dan pengolahan hasil,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Konawe, Gunawan Samad menambahkan pihaknya berharap agar kelompok tani dapat mengelola dengan baik Alsintan tersebut.

Ia menyarankan Alsintan seperti combine harvester dapat dipinjamkan kepada kelompok tani lain dengan cara disewakan karena dapat menghemat anggaran dibanding menyewa tenaga manusia.

“Semoga bantuan ini dapat mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern,” harapnya.

You cannot copy content of this page