Advertorial

Pj Bupati Konawe Uraikan Beberapa Hal Agar Sukses

442
×

Pj Bupati Konawe Uraikan Beberapa Hal Agar Sukses

Sebarkan artikel ini

KONAWE, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Harmin Ramba menguraikan beberapa hal agar sukses diantaranya agar hubungan Kepala Daerah, DPRD dan Forkopimda harus harmonis. Sebab, bila hubungan para pihak itu tidak terjalin baik maka pembangunan daerah bakal sulit diwujudkan.

“Karena kepala daerah dan DPRD adalah dua unsur yang bersatu dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Kunci sukses yang kedua adalah menciptakan program inovatif untuk menjawab permasalahan masyarakat. Inovasi adalah kunci, dengan inovasi akan ada percepatan. Inovasi merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Harmin.

Menurut Harmin, dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah perlu melakukan inovasi berupa semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Inisiatif inovasi dapat berasal dari kepala daerah, anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, perangkat daerah, dan anggota masyarakat. Majunya suatu daerah sangat ditentukan oleh inovasi yang dilakukan daerah.

“Perlu adanya upaya memacu kreativitas daerah untuk meningkatkan daya saing daerah. Pemerintah daerah menjadi salah satu ujung tombak pelayanan publik yang wajib melakukan inovasi,” terangnya.

Ia membeberkan, kunci sukses berikutnya adalah partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Melibatkan masyarakat merupakan suatu proses kesadaran pembangunan daerah dan dapat membantu penyelesaian masalah-masalah pembangunan.

“Melalui partisipasi masyarakat berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat dapat diselesaikan bersama-sama,” ujarnya.

You cannot copy content of this page