BUTON TENGAHHEADLINE NEWSPemerintahanPROV SULTRA

Pj Gubernur Sultra Disajikan Pesta Rakyat Saat Kunker ke Buton Tengah

779
×

Pj Gubernur Sultra Disajikan Pesta Rakyat Saat Kunker ke Buton Tengah

Sebarkan artikel ini
Andap Budhi Revianto saat Berpose bersama masyarakat saat pesta rakyat

BUTON TENGAH, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto disajikan pesta rakyat kamamose dan gala dinner saat mengawali kunjungan kerjanya di Kabupaten Buton Tengah, Kamis 18 April 2024.

Sebagai informasi, Kamomose adalah tradisi kesenian rakyat yang berasal dari daerah Lakudo, Buteng. Kamomose merupakan tradisi kesenian rakyat, dimana remaja putri yang telah selesai dipingit berkumpul untuk dipilih oleh remaja pria sebagai kekasih. Tradisi rakyat Kamokose berawal dari kebiasaan zaman dahulu remaja putri biasanya tidak dapat berkeliaran keluar rumah atau dipingit.

Pada kunjungan kerjanya kali ini, Pj Gubernur diagendakan untuk meresmikan Kantor Bupati Butreng, mencanangkan Mal Pelayanan Publik (MPP), menyalurkan beasiswa pendidikan, bantuan kepada kelompok petani, salurkan bantuan rumah ibadah, serta menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Kantor Camat Lakudo.

Dalam amanatnya, Pj Gubernur menginstruksikan Jajarannya untuk menjadikan potensi kebudayaan ini menjadi kekuatan ekonomi yang berdampak positif kepada masyarakat.

“Kita harus belajar dari industri budaya Korea, sebagai contoh kita mengenal Drakor (Drama Korea), Oppa-omma makanan Toppoki, Bulgogi, Kimchi dibandingkan ama ina, kalambe, atau makanan seperti kasoami, parende, dan kambewe khas Buton Tengah,” ukata Andap.

Mantan Kapolda Sultra itu mengungkapkan rasa bangganya terhadap tradisi asli daerah yang terus dilestarikan.

“Kita maksimalkan segala potensi sumber daya yang ada untuk menjadi kekuatan ekonomi yang berdampak positif bagi masyarakat,” pungkasnya.(Tim MK)

You cannot copy content of this page