BREAKING NEWS

Pj Gubernur Sultra Harap Pelayanan Arus Balik Optimal

647
×

Pj Gubernur Sultra Harap Pelayanan Arus Balik Optimal

Sebarkan artikel ini
Situasi Penumpukan Suasana Kendaraan saat Arus Mudik dan Balik di Pelabuhan Amolenggu Konsel,Sultra.

KENDARI, Mediakendari.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto berharap pelayanan arus balik pasca libur hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah tetap optimal.

Andap melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sultra, Asrun Lio mengungkapkan pelayan disejumlah dinas seperti Dinas Perhubungan Sultra, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan, hingga beberapa rumah sakit termasuk RSUD Bahteramas tetap memberikan pelayanan meski masih libur.

Menurutnya, puncak arus balik pasca libur lebaran bakal terjadi Minggu, 14 April hingga Senin, 15 April 2024.

“Bapak Pj Gubernur Sultra setiap saat selalu melakukan monitoring terhadap kegiatan pelayanan kita kepada masyarakat, baik di pelabuhan, rumah sakit, keamanan perkantoran dan lingkungan masyarakat, hingga posko-posko layanan kesehatan yang telah ditentukan sebelumnya,” ungkapnya.

Ia membeberkan Dinas Perhubungan Sultra telah berupaya maksimal dalam melaksanakan instruksi Pj Gubernur Sultra untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mulai dari penerapan disiplin dan tanggung jawab terhadap penerapan nomor antrian penyeberangan di pelabuhan pada 13 pelabuhan yang menjadi tanggung jawab Pemprov Sultra.

Selain itu, lanjut Asrun, telah ada beberapa pelabuhan yang melakukan pelayanan 24 jam diantaranya Pelabuhan Tampo Torobulu di Kabupaten Muna dan Pelabuhan Torobulu-Tampo di Kabupaten Konawe Selatan. Hal ini dilakukan untuk menargetkan penyeberangan bagi semua antrian, termasuk dengan menambah trip penyeberangan.

“Insya allah, pemerintah mengupayakan Hari Senin ini, tidak ada yang tertinggal menyeberang. Sebab besok merupakan aktivitas perdana bagi masyarakat untuk kembali bekerja, baik di pemerintahan hingga swasta. Hal ini tetap kita maksimalkan walaupun telah ada Surat Edaran Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai ASN selama dua hari yakni Selasa dan Rabu,” katanya.

Sejauh ini, Asrun mengaku tak ada kendala berarti dalam pelayanan transportasi penyeberangan laut hingga memasuki hari puncak. Selain itu, Satpol-PP Sultra juga bekerja sesuai petunjuk Pj Gubernur Sultra telah membentuk tim Operasi Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, dalam Rangka Pengamanan Arus Mudik maupun Arus Balik Libur Lebaran Idul Fitri 1445 H/ 2024 M di setiap Pelabuhan Penyebrangan, termasuk perkantoran dan sejumlah rumah jabatan, yang bertujuan untuk membantu terciptanya keamanan, kelancaran, dan ketertiban para pemudik di setiap Pelabuhan yang ada di Kota Kendari, lingkungan perkantoran, hingga sekitar sejumlah rujab.

“Melalui Kasat Pol PP Provinsi Sultra untuk operasi ketertiban umum dan ketentraman masyakarat dalam rangka pengamanan arus balik lebaran Idul Fitri 1445 H / 2024 M, salah satunya di Pelabuhan Pangkalan Perahu atau Kapal Malam, dalam situasi aman, lancar dan terkendali,” katanya.

Ia menyebut, salah satu laporan dimana untuk KM Mekar Teratai dengan Rute Raha – Kendari yang Tiba Pukul 04.00 WITA Di Pelabuhan Pangkalan Perahu Kendari, dengan jumlah penumpang 561 orang, terdapat pasien rujukan 1 orang  dan Roda Dua sebanyak 47 unit dan muatan barang sebanyak 1 ton.

Sedangkan untuk, Dinas Kesehatan Sultra juga telah membentuk tim krisis kesehatan mobile Dinkes Sultra, dalam rangka memantau arus mudik hingga arus balik lebaran Idulfitri Tahun 2024. Termasuk melakukan koordinasi lintas sektor terkait di Pospam terpadu hingga kolaborasi kegiatan pelayanan kesehatan dengan Tim Kesehatan/PSC 119 Dinkes Kota Kendari/Puskesmas Nambo.

“Terkait pelayanan UGD di RSUD Bahteramas tetap terbuka 24 jam, meskipun selama liburan jumlah kunjungan sangat berkurang,” ujarnya.(MK)

You cannot copy content of this page