Progres Pembangunan RS Tipe D Kendari Mencapai 60 Persen

NEWS240 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus kebut pembangunan Rumah Sakit Tipe D Antero Hamra di Jl Chairil Anwar, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari.

Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu saat diwawancarai pada Rabu, (25/01/2023) mengatakan pembangunan rumah sakit tersebut kini telah mencapai 60 persen.

Dirinya menargetkan pembangunan Rumah sakit tersebut akan rampung sebagaimana perpanjangan waktu yang telah diberikan yakni selama 90 hari.

“Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama sudah bisa di manfaatkan. Jika pembangunan dapat diselesaikan lebih cepat, maka rumah sakit itu bisa segera difungsikan pada Februari 2023 mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum mengungkapkan progres pembangunan rumah sakit tersebut menelan anggaran sekiranya Rp88 miliar.

“Insya Allah dalam waktu dekat progresnya naik dengan signifikan. Mudah-mudahan rumah sakit ini bisa selesai sesuai target dan bisa segera dimanfaatkan untuk seluruh masyarakat kota Kendari,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan sebagian besar alat kesehatan (Alkes), di mana untuk pengadaan alkes telah dianggarkan sekiranya Rp58 miliar, dan di tahun ini tersisa Rp9 miliar yang akan digunakan untuk melengkapi alkes yang dibutuhkan.

“Karena ada memang ada pekerjaan atau kegiatan yang harus selesai dulu fisiknya, baru diadakan. Seperti sistem informasi rumah sakit itu harus ada rumah sakitnya dulu,” jelasnya.

Ia juga memastikan Alkes milik Rumah Sakit Tipe D itu tersimpan di beberapa gudang dengan kondisi yang aman. Sehingga jika nantinya fisik rumah sakit telah rampung maka akan dimobilisasi ke rumah sakit tersebut dan dilakukan uji fungsi.

“Semua alkesnya masih ada garansinya. Kemudian petugasnya juga nanti ditraining, dan mudah-mudahan bisa segera digunakan,” tutupnya.

Reporter: Dila Aidzin