BAUBAUBREAKING NEWS

Rasman Memberikan 100 Sertifikat Halal untuk Pelaku IKM Secara Gratis

761
×

Rasman Memberikan 100 Sertifikat Halal untuk Pelaku IKM Secara Gratis

Sebarkan artikel ini
Pj Wali Kota Baubau, Muhammad Rasman Manafi saat membagikan 100 sertifikat halal untuk pelaku IKM

BAUBAU, Mediakendari.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) di bawah komando Penjabat (Pj) Wali Kota, Muhammad Rasman Manafi memberikan 100 sertifikat halal untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) utamanya olahan pangan makanan minuman di daerah itu secara gratis.

Rasman ingin Pemkot Baubau memfasilitasi pelaku IKM dengan pelatihan dan pendampingan serta memastikan sertifikat itu dapat diperoleh.

“Memang untuk mengurus sertifikat halal ini butuh komitmen. Bukan hanya komitmen pelaku usaha tetapi juga komitmen dari Pemkot Baubau. Di tahun depan, Pemkot Baubau akan terus berkomitmen memastikan IKM yang bersertifikat halal ini terus meningkat,” ungkap Rasman dalam keterangannya ditulis, Senin 27 November 2023.

Sebagai daerah penggerak kabupaten sekitar seperti Buton Selatan, Buton Tengah, Buton bahkan termasuk Bombana dan Muna dan Buton Utara yang sudah tergerakkan oleh ekonomi di Kota Baubau. Hal itu sangat terasa saat melakukan pengendalian inflasi komoditas pangan. Pada saat Kota Baubau mengalami peningkatan maka yang mengalami efeknya bukan hanya Pemkot dan masyarakat Kota  Baubau tetapi wilayah sekitar juga akan mengalami.

Menurutnya, IKM merupakan salah satu penggerak ekonomi di daerah eks pusat Kesultanan Buton itu sekaligus barometer perkembangan usaha ekonomi di wilayah sekitarnya. Usaha ekonomi yang sifatnya kecil menengah mengalami kemajuan di Kota Baubau sehingga sertifikasi halal diharapkan Baubau sebagai penggerak untuk wilayah sekitarnya.

Bahkan, ia menganggap bila IKM tidak mengambil peran atau bahkan anjlok tentu saja akan memberikan dampak ekonomi pula terhadap Kota Baubau.

“Saya mengajak kepada semua usaha kecil menengah di Kota Baubau untuk tingkatkan interaksi dengan dinas yang melaksanakan pembinaan. Apa kebutuhan yang perlu kita lakukan sampaikan. Saya juga sudah membuka jaringan langsung lewat Twitter, Instagram bahkan Facebook untuk memudahkan interaksi itu.Saya berkomitmen ini dapat dijawab dan terlaksana,” katanya.

Rasman menambahkan dirinya telah menginstrusikan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagperin) Kota Baubau untuk memberikan akses yang diperlukan untuk berkembangnya IKM.

“Jadi tanpa mengidentifikasi ke lapangan, apa yang disampaikan itulah yang harus kita lakukan. Kalau ini terus berjalan maka tagline yang terus kita sampaikan kita bekerja bersama itu akan terjadi,” harapnya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page