oleh

Rayakan HUT RI ke 77, Balitbangda Konsel Gelar Lomba Panjat Pinang dan Makan Kerupuk

-NEWS-129 dibaca

KONAWE SELATAN, MEDIAKENDARI.COM – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) punya cara sendiri dalam merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (Hut RI) ke 77 tahun, yaitu dengan cara menggelar lomba panjat pinang dan makan kerupuk.

Lomba panjat pinang dan makan kerupuk digelar usai upacara Hut RI, dimana kegiatan itu dilaksanakan di depan kantor Balitbangda Konsel, Rabu,17 Agustus 2022.

” Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hut RI ke 77 tahun, sebagai bentuk apresiasi kepada pejuang 45, dan ini merupakan kegiatan pertama kali dilaksanakan Balitbangda,” ungkap Kepala Balitbangda konsel DR Hj Marwiyah Tombili saat ditemui di lokasi panjat pinang.

Baca Juga : Presiden Kenakan Dolomani dari Buton pada Upacara HUT ke-77 RI, Gubernur : Terimakasih Pak Presiden, ini Merupakan Kebanggaan Bagi Masyarakat Sultra

Tujuannya, lanjut mantan Kepala Bappeda Konsel ini, agar bisa berbagi sesama masyarakat sekitar Balitbangda.

Selain itu sambung dia, agar instansi lain juga dapat termotivasi dari kegiatan ini, sebab kata dia, selama ini lomba-lomba yang ada hanya diperlombakan untuk OPD.

” Jadi intinya Balitbangda Konsel ingin berbagi kepada masyarakat dengan memfasilitasi mengadakan kegiatan-kegiatan masyarakat,” kata Marwiyah.

Adapun jenis hadiah yang disiapkan dalam lomba ini, berupa uang tunai senilai Rp 1 juta rupiah, kemudian satu buah sepeda dan perabot-perabot rumah tangga.

Baca Juga : Momen HUT RI Ke-77, Wali Kota Kendari Ajak Masyarakat Maksimalkan Mengelola Potensi Daerah

” Kami bagi menjadi dua klaster yaitu anak-anak dan dewasa. Untuk anak-anak itu lomba makan kerupuk, sedangan untuk dewasa itu lomba panjat pinang,” terangnya.

Marwiyah mengaku, hadiahnya memang lebih menonjol pada perabot rumah tangga. Agar peserta lebih antusias dan semangat lagi. ” Jadi bapak-bapaknya yang memanjat hadiahnya untuk ibu-ibu,” sebutnya.

Dari pantauan media ini masyarakat sangat antusias mengikuti lomba.

Penulis: Erlin