KOLAKA TIMURNEWS

Sambut HUT Koltim ke-11 Diramaikan dengan Penggelaran Karnaval

888
×

Sambut HUT Koltim ke-11 Diramaikan dengan Penggelaran Karnaval

Sebarkan artikel ini

KOLAKA TIMUR, Mediakendari.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) menyambut hari ulang tahun (HUT) Koltim ke-11 dengan menggelar menampilkan Beragam Keunikan Budaya, dengan mengangkat tema “Sebelas Tahun Wonua Sorume Terus Melaju Untuk Koltim Maju”, di Desa Matabondu Kecamatan Tirawuta, Selasa 09 Januari 2024.

Masing-masing barisan, baik OPD maupun paguyuban menampilkan keunikan seperti kuda lumping, tari tarian, kiasan kebesaran khas berbagai etnis, kiasan khas pengantin, bahkan hasil pertanian dan perkebunan sebagai simbol keunikan beragam budaya yang ada di Koltim.

Karnaval tersebut diikuti ribuan kontingen parade atau karnaval yang melibatkan masing-masing OPD dan seluruh elemen, baik pemerintah Camat, Lurah/Desa, Ormas, dan Masyarakat umum, serta paguyuban dari berbagai etnis di daerah ini, diantaranya, Tolaki, Bugis Makassar, Jawa, Bali dan Sunda.

Bupati Koltim, Abdul Aziz menyambut rombongan parade yang dimulai dariDesa Orawa pertigaan Desa Lara yang dibuka langsung oleh Sekda Koltim, Andi Muhammad Iqbal Tongasa menuju ke titik kumpul di Desa Matabondu.

“Acara ini tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga memperkuat identitas dan keberlanjutan seni dan budaya lokal Kolaka Timur,” ungkapnya.

Ia berharap dalam kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antar warga sekaligus mendukung perkembangan seni dan budaya dan kebersamaan di daerah Kolaka Timur pada khususnya. Dikatakannya, Kegiatan karnaval budaya ini dapat memperkenalkan keberagaman budaya, suku, adat, serta agama yang berada di Kolaka Timur.

You cannot copy content of this page