NEWS

Sebanyak 5.000 Pelajar di Sultra Tuntas Rekam E-KTP

1181
×

Sebanyak 5.000 Pelajar di Sultra Tuntas Rekam E-KTP

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendorong perekam KTP elektronik (KTP-el) untuk para pelajar SMA/SMK baik negeri maupun swasta.

Kepala Dukcapil Sultra, Muhammad Fadlansyah mengatakan, untuk perekaman E-KTP bagi para pelajar di Sultra progresnya sudah sekira 5 ribuan pelajar dari total 74 target pelajar.

“Progresnya baru mencapai 5000 an atau sekira 7 persen dari 74 ribu pemilih pemula dari seluruh sekolah SMA/SMK dan sekolah setingkat SMA se Sultra. Ini karena kita juga baru jalan Per Januari kemari, ” kata dia di Kendari.

Dikatakannya, untuk memastikan perekaman di sekolah setiap harinya aman, tim Dukcapil Sultra secara langsung turun disekolah dan dibuatkan jadwal.

“Target kita, ini tuntas sampai hari pemungutan suara. Karena mereka sebenarnya sudah masuk dalam DP4 atau kalau KPU DPT (Daftar Pemilih Tetap) tetapi kita ingin menjamin jangan sampai karena tidak ada KTP nya itu tidak bisa memilih. Nah itu yang kita mau pastikan, “ucapnya.

Bahkan perhari tidak bisa langsung tuntas satu sekolah. Sebab setiap sekolah banyak yang harus direkam dan ini bisa berhari-hari.

Fadlan menjelaskan, kendala sejauh ini belum ada laporan ditemukan. Kurangnya perekaman karena memang ini baru berjalan lebih dari sebulan dan ada keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) Dukcapil.

“Untuk kendala secara prinsip belum ada karena kita turun langsung. Disini paling kendalanya keterbatasan SDM. Sebab aparat Dukcapil juga tidak terlalu banyak untuk menjangkau seluruh SMA/SMK sekaligus. Misalkan saja saya kasi contoh yang terbanyak di Kota Kendari, ada lebih dari 9 ribu yang harus direkam sementara operator-operator hanya terbatas beberapa, “ungkapnya.

Ia berharap perekaman bisa segera tuntas sesuai target pemilih pemula yang ada di Sultra.

” Meski dengan keterbatasan SDM, kita optimis perekaman Dukcapil di seluruh sekolah yang ada di Sultra bisa tuntas sesuai target yang ada, “tandas Fadlan.

Reporter: Rahmat R..

You cannot copy content of this page