NEWSPemerintahan

Sekda Lakukan Safari Ramadan pada Sejumlah Daerah di Sultra, Malam ini di Baubau

709
×

Sekda Lakukan Safari Ramadan pada Sejumlah Daerah di Sultra, Malam ini di Baubau

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, mediakendari.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara kembali melaksanakan Safari Ramadan untuk Tahun 1445 H/2024 M di sejumlah daerah. Dimana kali ini pada wilayah kepulauan diantaranya Kota Baubau, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan (Busel), dan Buton Tengah (Buteng), sejak Rabu hingga Jumat (3-5/4/2024).

Dalam safari ramadan tersebut, Pj Gubernur, Komjen Pol. (P) Dr. (H.C) Andap Budhi Revianto.,S.I.K.,M.H diwakili oleh Sekda Sultra, Drs. H Asrun Lio.,M.Hum.,Ph.D, dimana turut serta Ketua TP PKK Provinsi Sultra yang juga sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pemprov Sultra, Dra. Munanah Asrun Lio.

Turut hadir sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov, diantaranya Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga, Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi Dan Tata Ruang, Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Biro Administrasi Pembagunan, Kepala Biro Administrasi Perekonomian, Kepala Biro umum, hingga Kepala Biro Administrasi Pimpinan.

Sekda Sultra, Drs. H Asrun Lio.,M.Hum.,Ph.D, mengatakan Safari Ramadan tahun ini tetap dilakukan bersama sejumlah OPD terkait termasuk PKK serta DWP Pemprov Sultra, guna melihat sejumlah permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Sekaligus dalam rangka mempererat silaturahim antara Pemrov Sultra dengan daerah kabupaten kota di Sultra.

Sekda Sultra ini menerangkan, sejumlah kegiatan yang dilakukan mulai dari salat tarwih berjamaah, pasar murah oleh Dinas Perindag, pembagian 100 karpet di sejumlah masjid oleh DWP bersama PKK, hingga peninjauan lokasi peresmian Gedung Kantor Bupati di Buton Tengah.

“Dalam kegiatan safari Ramadan ini, tetap menghadirkan sejumlah OPD lingkup Pemprov Sultra yang dibutuhkan, sebab berkaitan dengan tindaklanjut penanganan persoalan yang telah dilaporkan sebelumnya oleh daerah. Mulai dari monitoring persiapan arus mudik dan balik lebaran, penanganan inflasi, hingga intervensi keterjangkauan harga dan ketersediaan produk utamanya menghadapi hari raya,” paparnya, Rabu (3/4/2024).

Untuk diketahui, menuju sejumlah daerah tersebut, Sekda Sultra bersama rombongan telah bertolak dari Kota Kendari menuju Pelabuhan Amolengo dengan jarak 226 km dengan waktu tempuh sekitar 5 jam menggunakan jalur darat.

Perjalan selanjutnya dari Pelabuhan Amolengo menuju Pelabuhan Labuan, dimana penyeberangan menggunakan Kapal Fery, dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Kemudian dari Pelabuhan Labuan ke Pasar Wajo menggunakan jalur darat dengan jarak tempuh sekitar 213 km, yang membutuhkan waktu sekitar 4 jam 30 menit.

Setibanya di Rujab Bupati Buton, Sekda dan rombongan menuju Masjid Nurul Yaqin Pasarwajo yang berjarak sekitar 12 Km. Usai melaksanakan salat isa dan tarwih bersama, perjalanan safari ramadan dilanjutkan menuju Kota Baubau guna persiapan hari kedua, tepatnya Kamis (4/4/2024).

Pada hari kedua kegiatan safari Ramadan, Sekda Sultra bersama rombongan menuju Kotamara guna meninjau pasar murah.

Perjalanan berikutnya, dilanjutkan lagi menuju Pelabuhan Fery Waara ke Kecamatan Lakudo, guna peninjauan lokasi peresmian Gedung Kantor Bupati, termasuk penginapan Pj Gubernur Sulawesi Tenggara selama berada di Buton Tengah nantinya.

Usai itu, kegiatan safari ramadan dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Wamengkoli guna menyeberang menuju Kota Baubau melalui Pelabuhan Fery Waara. Sore hari dilakukan buka puasa bersama di Rumah Jabatan Walikota Baubau. Pelaksanaan Sholat Isya dan Shalat Tarawih Berjamaah kemudian terlaksana di Masjid Raya Baubau.

Hari ketiga, melalui jalur yang sama, Sekda Sultra bersama rombongan kembali ke Kota Kendari melalui jalur Pelabuhan Amolenggo.

You cannot copy content of this page