NEWSPROV SULTRA

Sekda Sultra, Asrun Lio Lepas 5 Mahasiswa Asal Sultra Studi ke Kairo Mesir

706
×

Sekda Sultra, Asrun Lio Lepas 5 Mahasiswa Asal Sultra Studi ke Kairo Mesir

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. H. Asrun Lio., M.Hum.,PhD resmi melepas lima mahasiswa asal Sultra lanjut studi ke Universitas Al Azhar Kairo-Mesir, bertempat diruang kerjanya, Jumat (3/11). Acara tersebut dirangkaikan dengan penyerahan bantuan biaya pendidikan program Sultra cerdas dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sultra sekaligus bantuan dari pribadi Asrun Lio.

Sekprov. Sultra Asrun Lio mengatakan, secara seremoni dirinya telah menyerahkan bantuan stimulus dari BAZNAS Kota Kendari dan maupun BAZNAS provinsi.

“Sebenarnya mereka ini berusaha sendiri untuk bisa masuk perguruan tinggi disana. Dan universitas di Kairo ini setiap tahun mahasiswa- mahasiswi dari Sultra melanjutkan pendidikan. Karena kita belum punya skema pembiayaan, jadi skema kita sifatnya bantuan atau stimulus yang diberikan ke mereka melalui BAZNAS,” katanya saat diwawancarai usai melepas mahasiswa asal Sultra tersebut.

Dikatakan, kedepan pihaknya mengupayakan adanya bantuan yang tersedia di Biro Kesra Sultra untuk memberikan bantuan kepada mereka-mereka yang benar-benar secara finansial tidak mampu tetapi mempunyai kemampuan akademik sehingga mereka diterima disana.

“Ini bagian dari upaya kita bagaimana meningkatkan sumber daya manusia utamanya di keagamaan. Dan total yang diberangkatkan ini ada lima orang, dan mereka sudah mendapatkan penyampaian bahwa mereka diterima dan mereka akan segera berangkat,” ujarnya.

Asrun berharap, selama di Kairo Mesir agar mereka belajar dengan baik dan secara akademik bisa melaksanakan tugas sebagai mahasiswa.

“Selain itu mereka senantiasa menyampaikan progresnya utamanya kepada BAZNAS. Kenapa, karena setiap kegiatan yang berhasil seperti ini BAZNAS akan memikirkan bagaimana memberikan peningkatan bantuan ini terhadap mereka. Dan mereka ini semua putra daerah Sultra,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Sultra Punardin menyampaikan, terimakasih kepada Sekprov. Sultra yang telah melepas secara resmi calon mahasiswa Universitas Al Azhar Kairo-Mesir asal Sultra.

“Selamat jalan dan kami berharap dan berdoa adek-adek sukses disana,” ucapnya.

Sementara itu, salah calon mahasiswa asal Sultra yang melanjutkan pendidikan Universitas Al Azhar Kairo Mesir, Samsul Kamar mengatakan, pihaknya punya harapan besar kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan pusat untuk memberikan support. Kata dia, sampai masuk di Al Azhar memiliki banyak tahap mulai pemberkasan sampai tes.

“Dan Alhamdulillah kami dari Pondok Pesantren Al-Askar ada lima santri yang lolos di Universitas Al Azhar Kairo Mesir. Dan kita datang jauh-jauh kesana untuk belajar ilmu agama dengan harapan bisa kembali dan mengimplementasikan ilmu kita bagi bangsa dan negara khususnya daerah Sultra,” tandasnya. (RD)

You cannot copy content of this page