NEWSPemerintahanSULTRA

Sekda Sultra Harap Regulasi Penggunaan Aspal Buton Segera Terealisasi

546
×

Sekda Sultra Harap Regulasi Penggunaan Aspal Buton Segera Terealisasi

Sebarkan artikel ini
Sekda Sultra, Asrun Lio (Tengah) didampingi Pj Bupati Buton, La Ode Mustari.

BAUBAU, Mediakendari.com –  Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar loka karya nasional memperingati 100 tahun aspal Buton di vila Nirwana Kota Baubau, Selasa 14 Mei 2024.

Hadir membuka acara, Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio. Ia berharap regulasi penggunaan aspal Buton segera terealisasi.

“Loka karya nasional memperingati 100 tahun aspal Buton ini dilaksanakan dengan tujuan mengembalikan kejayaan aspal Buton. Tentu dukungan dari pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi dan daerah semua regulasi dikeluarkan agar pemanfaatan aspal Buton ini menjangkau seluruh nasional,” ungkap Asrun Lio dikonfirmasi usai membuka kegiatan.

Ia menuturkan berdasarkan sejarah, aspal Buton konon pernah digunakan oleh negara-negara lain di dunia ini. Bila menengok hal itu, seharusnya pembangunan jalan di Indonesia juga mestinya mulai menggunakan aspal Buton.

“Mengapa orang lain menggunakan, kita tidak menggunakan. Koreksi bagi kita semua dan assesmen tentang aspal ini sudah berulang kali dilakukan melalui uji kelayakan dan menguji kualitas aspal kita itu dan membuktikan aspal Buton itu lebih baik kualitasnya,” tuturnya.

Ia menjelaskan berdasarkan Kebijakan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mulai di tahun 2024 penggunaan aspal impor bakal dikurangi. Ia juga berharap Pemerintah Daerah (Pemda) Buton menerapkan hal yang sama.

Terkait ketersediaan stok aspal, Asrun Lio menyebut, tersedia 600 juta ton aspal Buton. Jumlah itu seharusnya memenuhi kebutuhan aspal secara nasional.  “Sekarang tinggal membuat regulasi sehingga terjangkau dan mudah dibeli,” ujarnya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page