KONAWE SELATAN

Sosialisasikan KIE Rawan Bencana 2024, BPBD Konsel Ingin Masyarakat Cepat Tanggap

690
×

Sosialisasikan KIE Rawan Bencana 2024, BPBD Konsel Ingin Masyarakat Cepat Tanggap

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN, Mediakendari.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Rawan Bencana Tahun 2024 disalah satu hotel di Kota Kendari, mulai Jumat 19 April hingga Sabtu, 20 April 2024.

Kepala Pelaksana (Kalaks) BPBD Konsel, Asruddin A. Mangidi mengungkapkan pihaknya menyosialisasikan KIE rawan bencana agar masyarakat di daerah itu cepat tanggap bila suatu waktu terjadi bencana yang tidak inginkan.

“Ini merupakan program peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran masyarakat khususnya di daerah rawan bencana dalam menghadapi dan mengurangi risiko bencana,” ungkapnya.

Ia menyebut, sosialisasi KIE rawan bencana diikuti sekitar 30 pesertabyang terdiri dari 24 peserta merupakan perwakilan Kelompok Siaga Bencana (KSB) disetiap desa/kelurahanyang tersebar di Kabupaten Konsel dan 6 peserta dari tenaga penanganan bencana BPBD Konsel.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada KSB dan Tenaga Penanganan Bencana agar dapat bereaksi dengan cepat dan tepat saat terjadi bencana,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara sosialisasi KIE rawan bencana, Harsila Bende menambahkan pihaknya berharap peserta dapat memahami dan meningkatkan kemampuan tanggap darurat bencana dalam menanggulangi dan mengurangi risiko bencana sehingga mampu memberikan perlindungan dan keselamatan pada masyarakat di daerah rawan bencana.

“Peserta juga diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan bencana serta dapat menyebarluaskan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat lainnya,” ungkapnya.

You cannot copy content of this page