BAUBAUNEWS

Tahun 2024, Dinas Perikanan Baubau Akan Bangun Tempat Pembenihan Ikan

1745
×

Tahun 2024, Dinas Perikanan Baubau Akan Bangun Tempat Pembenihan Ikan

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Perikanan Kota Baubau, Yulia Widiarti.

BAUBAU, Mediakendari.com – Dinas Perikanan Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) di tahun 2024 ini akan membangun tempat pembenihan ikan berlokasi di Balai Budidaya Perikanan Kolagana, Kelurahan Palabusa, Kecamatan Lea-Lea sebagai upaya memenuhi kebutuhan petani perikanan budidaya di daerah itu.

Hal tersebut lantaran selama ini petani perikanan budidaya dalam menjalankan kegiatan usahanya harus membelih benih ikan di luar daerah diantaranya Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Karena itu, kami berharap dengan pembangunan tempat pembenihan ikan ini, dapat menjawab masalah petani selama ini,” ungkap Kepala Dinas Perikanan Kota Baubau, Yulia Widiarti, Selasa 09 Januari 2024.

Yulia menjelaskan selama ini petani ikan tawar terkendala benih sehingga budidaya belum maksimal padahal permintaan pasar untuk ikan air tawar cukup banyak. Nantinya benih ikan air tawar yang akan diproduksi akan melihat kebutuhan petani.

“Jadi memang kebutuhan warung-warung makan untuk ikan air tawar begitu tinggi. Buktinya produksi kolam ikan air tawar kita selalu habis dipesan,” ujarnya.

Mantan Kepala BPKAD Baubau itu menambahkan dalam mengembangkan perikanan budidaya pihaknya juga terus meningkatkan kapasitas petani.

“Kita membuat kolam percontohan ikan air tawar sehingga semakin banyak pula masyarakat menggeluti perikanan budidaya,” katanya.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page