NASIONALSULTRA

Tiba di Muna dan Mubar, Presiden Cek Pelayanan Kesehatan di RSUD Baharuddin dan Kunjungi Pasar Kambara

305
×

Tiba di Muna dan Mubar, Presiden Cek Pelayanan Kesehatan di RSUD Baharuddin dan Kunjungi Pasar Kambara

Sebarkan artikel ini

MUNA, Mediakendari.com – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)  mengunjungi Kabupaten Muna dan Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin 13 Mei 2024. Presiden Jokowi tibasekira pukul 09.07 WITA dan langsung mencek pelayanan kesehatan di RSUD Baharuddin.

“Saya lihat hampir di semua daerah, penyakit yang menonjol itu stroke, jantung. Problemnya kalau di sebuah Kabupaten atau Kota yang jauh dari Provinsi, tidak segera ditangani ya itu akan menjadi problem,” ungkapnya.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya akses terhadap peralatan kesehatan modern. Saat ini Kementerian Kesehatan banyak mengirimkan CT scan,cath laba, mammogram ke RS Kabupaten/Kota, termasuk alat USG kehamilan di Puskesmas.

Sementara itu, Pj. Gubernur Sultra,  Andap Budhi Revianto berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah pusat dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat Sultra.

“Kunjungan ini menjadi kesempatan berharga bagi kita untuk bersama-sama memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kesehatan di RSUD Baharuddin Muna ini, termasuk RSUD lainnya yang ada di jazirah Sultra,” katanya.

Kegiatan di Kabupaten Muna dilanjutkan dengan mengunjungi Pasar Sentral Laino Raha. Presiden melakukan dialog langsung dengan pedagang pasar dan meninjau ketersediaan, serta stabilitas harga sejumlah kebutuhan pokok.

Presiden Jokowi pun memberikan Bantuan Modal Kerja (BMK) kepada pedagang kaki lima dan Bantuan Tunai Langsung (BTL) kepada para pedagang yang ada di Pasar Sentral Laino Raha Muna.

Presiden mengecek stok cadangan beras di Gudang Bulog, dilanjutkan dengan menyalurkan bantuan pangan kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kompleks Pergudangan Laende, Desa Lagasa, Kecamatan Duruka, Kabupaten Muna.

Dalam sambutannya, Presiden memastikan bahwa distribusi beras 10 kilogram per keluarga akan terus berlanjut hingga Juni 2024, dengan harapan dapat diperpanjang hingga Desember 2024, tergantung ketersediaan APBN.

Andap menyampaikan bahwa bantuan pangan ini merupakan bentuk perhatian Presiden kepada masyarakat Muna. “Dengan kebijakan ini diharapkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat terbantu, ” ujarnya.

Sementara itu di Kabupaten Muna Barat Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Rakyat Kambara dan memberikan BMK dan BTL, yang dilanjutkan dengan peresmian Inpres Jalan Daerah (IJD) Provinsi Sultra.

“Alhamdulillah, Bapak Presiden berkenan meresmikan IJD Sultra di Muna Barat, dengan adanya IJD ini kita bersyukur Presiden memberikan perhatian kepada kita disini dalam pembangunan infrastruktur jalan yang akan meningkatkan konektivitas dan mobilitas,” pungkas Pj Gubernur.

Sebagai informasi, Provinsi Sultra mendapat alokasi anggaran dari APBN Rp 631 M. Anggaran tersebut dialokasikan untuk pembangunan 22 ruas jalan. Total panjang  jalan yang dibangun adalah sepanjang 164,8 km. Pembangunan infrastruktur jalan tersebut tersebar di 15 Kabupaten/Kota yang ada di Sultra.(red)

You cannot copy content of this page