Tingkatkan Pemahaman Pertambangan, FITK UHO Gelar Pelatihan Aplikasi Micromine

Reporter: Kardin

Editor : Taya

KENDARI – Jurusan Teknik Geologi dan Teknik Pertambangan Fakultas Ilmu Telnologi dan Kebumian (FITK), Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan Micromine Training dengan tema Micromine Introduction Modul kepada Mahasiswa dan Dosen.

Micromine Training ini dibuka Wakil Dekan I FITK, Deniyatno, S.Si., MT yang diikuti dosen dan mahasiswa jurusan Teknik Geologi yang tergabung dalam SC-MGEI UHO dan Teknik Pertambangan FITK UHO di Gedung Laboratorium FITK UHO, Kamis (24/10/2019).

Deniyatno menuturkan Micromine merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu mengerjakan hampir seluruh proses dalam industri pertambangan. Micromine merupakan solusi eksplorasi dan desain tambang.

“Jadi kegiatan ini bisa kita manfaatkan bersama dan ini hal yang sangat positif. Tentunya banyak membantu para mahasiswa dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan dalam menggunakan aplikasi micromine di UHO,” jelasnya

Baca Juga :

Senada dengan itu, Trainer Micromine, Nadya Fauzia Puspitasari menerangkan mahasiswa dapat lebih aktif menggunakan Aplikasi Micromine tersebut dalam menyelesaikan tugas akhirnya.

“Jadi jangan ragu-ragu untuk mengambil skripsi dalam aplikasi Micromine ini, saya akan dukung dan support jika mahasiswa membutuhkan,” terangnya.

Ia juga berharap dengan adanya MoU aplikasi Micromine dengan FTIK UHO ke depannya dapat melahirkan geologis-geologis muda yang berkualitas dari UHO.

“Pastinya mereka bisa langsung terjun di dunia profesional, karena mereka sudah dibekali skill melalui pelatihan Micromine ini, apalagi di geologi dan pertambangan,” katanya.

Pembimbing Student Chapter – Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (SC-MGEI), Dr Hasria, S.Pd., M.Si mengatakan banyaknya perusahan pertambangan yang menggunakan aplikasi Micromine dalam menganalisis data-data lapangan seperti data bor, data geokimia, perhitungan cadangan dan lainnya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen.

“Jadi pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa juga dosen,” papar Ketua Jurusan Teknik Geologi FITK UHO itu.(B)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda