ADVINDONESIAKendariPROV SULTRA

UHO Kerjasama Pitaloka Foundation, Upaya Meningkatkan SDM di Sultra

1085
×

UHO Kerjasama Pitaloka Foundation, Upaya Meningkatkan SDM di Sultra

Sebarkan artikel ini

KENDARI, Mediakendari.com – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menjalin kerjasama dengan Yayasan Pitaloka Foundation sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu dan pendiri Pitaloka Foundation, Rieke Diah Pitaloka resmi menjalin kerjasama setelah kedua pihak sepakat menandatangi kerjasama tersebut di Gedung Rektorat UHO Kendari, Kamis 12 Oktober 2023.

“Dengan adanya kerjasama tersebut, UHO Kendari dapat berperan langsung dalam meningkatkan sumber daya manusia di Sultra,” ungkap Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu.

Menurutnya, yayasan pitaloka foundation memiliki konsep yang sangat bagus sehingga UHO sangat tertarik menjalin kerjasama salah satunya bergerak di bidang kesejahteraan masyarakat. Ia menilai, dengan konsep tersebut upaya peningkatan SDM di Bumi Anoa bukan hal yang tidak mungkin untuk dicapai.

“Ataupun pengabdian dosen nanti itu tidak berhenti di laboratorium saja atau di kampus saja. Paling tidak yang dua itu. Peningkatan sumber daya manusia dan bagaimana hasil-hasil riset dan penelitian itu bisa menjadi kebijakan di daerah,” katanya.

Ia berharap dengan adanya kerjasama tersebut pihaknya bisa mendorong hasil-hasil penelitian dosen menjadi salah satu rujukan pengambilan kebijakan pemerintah yang bisa dituangkan dalam bentuk peraturan daerah (Perda).

Sementara itu, pendiri Yayasan Pitaloka Foundation, Rieke Diah Pitaloka mengakui pihaknya tertarik membangun kerjasama bersama UHO karena melirik potensi SDM di Sultra.

Ia menyebut, sejumlah program kerjasama yang dibangun yakni penelitian sosial, ilmu sosial humaniora.

“Dalam pertemuan hari ini ada beberapa program kerjasama yang dicanangkan untuk pengembangan sumber daya manusia salah satunya di bidang penelitian sosial, ilmu sosial humaniora untuk bagaimana kesejahteraan rakyat seperti penerbitan hasil-hasil karya dari kampus ini,” pungkasnya. (Adv)

You cannot copy content of this page